4 Senjata yang Tak Laku Dipakai di Esports CSGO

csgo-dual-berettas

Di panggung esports Counter-Strike: Global Offensive, kamu tentu jarang melihat senjata – senjata tertentu digunakan. Mengapa demikian? Jika penasaran, mari melihat list top 4 senjata yang jarang ataupun tidak pernah digunakan di panggung pro CS:GO berikut:

Dual Berettas

Dual Berettas
CSGO

Dual Berettas ini sebetulnya merupakan senjata meta di Counter Strike Source. Sayangnya di CS:GO, senjata ini di nerf dan tidak lagi sebaik dulu. Walaupun mendapat patch beberapa kali oleh Valve, player base masih menganggap senjata ini sebagai fun weapon.

Dual Berettas adalah senjata yang tergolong niche. Saat yang paling cocok untuk menggunakan senjata ini adalah pistol round. Tapi bagi para pro, senjata pistol lain lebih reliable dari pada Dual Berettas.

PP Bizon

CSGO PP Bizon
CSGO

Senjata ini tergolong senjata meme di match online Counter Strike. Senjata ini pertama kali ada di CS:GO dan tergolong senjata baru. Walaupun baru, senjata ini memiliki banyak kekurangan. Mulai dari damage dan akurasi, senjata ini tidak bisa diandalkan. Hal yang merupakan sisi plus dari PP Bizon hanyalah fire rate dan reload speed.

SMG biasanya menjadi pilihan untuk eco round oleh para pro. Tapi untuk eco round, mereka perlu senjata yang reliable dalam kill. Untuk hal ini, senjata seperti UMP-45 ataupun MP7 sudah mencukupi.

Galil AR

Galil AR
CSGO

Senjata ini merupakan pilihan rifle murah untuk Terrorist yang sebetulnya banyak dipakai di CS 1.6. Tapi menjelang CS Source, popularitasnya di esports mulai menurun. Sekarang di CS:GO, senjata ini sepertinya dihindari. Banyak pemain pro lebih memilih SMG sebagai pilihan senjata eco-nya dibandingkan Galil AR.

Berbeda dengan FAMAS yang memberikan advantage akurasi untuk pertempuran jarak jauh di eco round. Galil AR sayangnya tidak menawarkan hal seperti akurasi ataupun firerate, hanya damage saja. Damage ini juga tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan UMP-45.

M249

CSGO M249
CSGO

Machine gun adalah salah satu senjata yang jarang dipakai oleh pemain pro Counter-Strike. Harga yang mahal dan juga kemampuannya hanya cocok untuk spray jarak dekat ataupun suppression berdurasi lama. Di CS:GO, kamu memiliki 2 pilihan machine gun, yaitu M249 dan Negev.

Negev adalah machine gun yang lebih murah dan lebih reliable karena akurasinya saat di spray lama. Sedangkan M249 tetap menjadi senjata mahal yang hanya dilihat sebagai pemboros uang bagi para pro.

Perlu diingat bahwa senjata di atas jarang terlihat di esports bukan karena tidak memiliki sisi positif sama sekali, tapi karena ada pilihan lain yang lebih reliable. Para tim pro tentu bertanding untuk menang, jadi mereka tidak akan asal menggunakan senjata hanya untuk “meme” points.

Hal yang menarik dari senjata di atas adalah kemungkinannya mendapat patch dari Valve. Beberapa waktu lalu AUG yang jarang dibeli tapi kuat mendominasi meta karena harganya yang diturunkan oleh Valve. Penyesuaian harga ini membuat banyak orang memakai AUG dan menyadari kehebatannya. Setelah semua orang sadar akan kehebatan senjata ini, Valve mengembalikan harganya ke semula.

Mudah – mudahan Valve juga melakukan patch ataupun rework terhadap harga ataupun stat yang dimiliki oleh kelima senjata di atas. Hal ini agar mereka lebih kompetitif walaupun untuk situasi yang niche.

Leave a Reply