Bagaimana Cara Esports CSGO Bisa Populer di Indonesia?

cs go

Dunia esports di Indonesia tentu berkembang cepat. Banyak perusahaan menjadi sponsor event esports ataupun menjadi pendukung tim – tim esports tertentu. Walaupun bisa dibilang lagi naik daun, esports yang lebih subur dimainkan di Indonesia kebanyakan adalah MOBA dan Battle Royale.

Game FPS tradisional seperti CSGO sekarang kondisinya tidak sepopuler dulu. Hal ini tentu tidak mengherankan mengingat game ini dari awal sudah tidak free. Para gamer Indonesia lebih menyukai game yang mudah di download, tidak berat dan juga tentunya tidak memerlukan pengeluaran untuk dimainkan.

csgo

Jika ditelusuri, mungkin hal inilah yang membuat game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile lebih populer dibandingkan game berbayar seperti PUBG PC dan juga CSGO. DoTA 2 adalah game MOBA OG yang sudah tidak bisa digeser namanya di Indonesia. Saking populernya, DoTA 2 mampu menghancurkan kompetisinya yaitu League of Legends di Indonesia ini.

Tentu tiap game esports tersebut memiliki komunitas yang besar, tapi dari segi event kompetisi yang diadakan, game yang selalu keluar namanya adalah DoTA 2, Mobile Legends dan PUBG Mobile. CSGO komunitasnya memang cukup besar, tapi saat melihat tournament nasional seperti Piala Presiden, game ini tidak terlihat sebagai kategori.

Banyak orang membicarakan bagaimana cara efektif mengembalikan Counter Strike Global Offensive menjadi kategori esports yang populer. Ide yang banyak muncul adalah mencoba mencari dukungan dari ESL di Indonesia. Organisasi ESL memang memiliki cabang esports Counter Strike, tapi untuk saat ini, ESL hanya fokus untuk esports DoTA 2 dan AOV di Indonesia.

esl indonesia

Hal lain yang logis untuk hal ini adalah membangun event – event kecil dengan hadiah untuk membuat para player Indonesia tertarik dengan kompetisi CSGO ini. Banyak tim Counter Strike Global Offensive di Indonesia lebih suka berkompetisi dalam tournament luar dan tournament lokal bisa jadi langkah awal bagi para player unggulan untuk melangkah jadi pemain pro.

Walaupun banyak cara yang ditawarkan, hal ini masih berupa teori semata. Banyak orang menganggap Counter Strike Global Offensive ketinggalan zaman. Game ini memang tergolong tua, tapi pada banyak orang tidak sadar bahwa game ini sendiri masih sering mendapatkan patch dan upgrade.

Bagaimanapun kondisinya, kita hanya bisa berusaha mendukung dan mendoakan game FPS ini berkembang di Indonesia.

Leave a Reply