Bagaimana Reaksi Pro Terhadap Maps Vertigo?

Vertigo CSGO

Para Pemain pro Counter Strike Global Offensive tentu memiliki insight yang lebih baik dari pada pemain pada umumnya. Sekarang ini hal yang sedang hot dibahas adalah penambahan maps Vertigo pada rooster penggunaan di turnamen.

Untuk melihat pembahasan ini, mari bersama melihat diskusi pada dunia esports dan juga komunitas pemain pada umumnya.

Mengapa Vertigo Kembali Legal?

Vertigo CSGO
youtube

Valve selalu berusaha membuat CSGO selalu fresh. Hal ini adalah yang menyebabkan Vertigo kembali legal pada 29 Maret 2019 lalu. Banyak orang menganggap hal ini hanya test belaka, tapi disisi lain, legalnya Vertigo membuat maps ini bisa muncul di turnamen serius.

Membuat Vertigo legal tentu adalah hal yang cukup kontroversial bagi para pro. Banyak orang termasuk pros, analysts dan fans complain soal ini di sosial media serta forum – forum. Tapi disisi lain seperti pemain dari Natus Vincere, yaitu Oleksandr ‘s1mple’ Kostyliev, menerima perubahan ini dan mengatakan akan segera beradaptasi.

Walaupun ada yang menerima, protes tetap saja kencang. Banyak player semakin vocal terhadap masalah maps ini. Alasan mereka menolak menggunakan maps ini adalah masalah suara.

Membandingkan Nuke and Vertigo

Vertigo CSGO
youtube

Maps Nuke memiliki layout yang sama dengan Vertigo. Maps yang tersusun vertikal dengan banyak tingkatan level untuk encounter. Bomb site keduanya juga cukup berdekatan walau berbeda lantai. Maps ini diterima sekarang ini karena patch untuk masalah suara yang ditimbulkan pada maps.

Di Vertigo patch untuk suara ini masih ada dan tentunya akan mempengaruhi performa para pemain. Suara yang bergaung dan memantul membuat direksi suara menjadi aneh. Bentuk level yang tingkat juga membuat suara bisa keluar dari atas dan bawah, jadi untuk mendeteksi musuh, para pemain harus menggunakan 3D audio yang baik.

Bagaimana Pendapat Para Pro Soal Ini?

Vertigo CSGO
youtube

Para pemain pro Counter-Strike: Global Offensive sepertinya masih saling mengunci soal ini. Banyak orang mengambil stance bahwa masalah suara inilah yang membuat Vertigo tidak bisa dipakai dan di sisi lain banyak yang mengatakan bahwa asal latihan, masalah suara ini bisa dibuat hilang.

Pemain Ghost Gaming, yaitu Joshua ‘Steel’ Nissan berkomentar bahwa masalah orang yang komplain soal suara selalu keras kepala dan tidak menggunakan 3D audio processing. Mereka tentu akan kesulitan mengecek datangnya suara dari atas ataupun bahwa jika tidak menggunakan alat ini. Mereka complain tapi tidak melakukan hal yang tepat untuk menyelesaikan masalah.

Hal ini ternyata di bantah oleh pemain North, yaitu Valdemar ‘valde’ Bjørn Vangså. Ia mengatakan semua player di tim-nya menggunakan 3D audio processing, tapi kebanyakan masih memiliki masalah suara di Vertigo dan di Nuke.

Tapi disisi lain, argumen masalah suara ditanggapi berbeda oleh Robin ‘Ropz’ Kool. Ia berkata asalkan player terbiasa membedakan suara di maps dengan latihan, mereka pasti mendapatkan informasi yang tepat dari suara itu. Pembiasaan ini penting, tapi karena Vertigo adalah maps yang jarang digunakan, maka masih sedikit orang yang mampu memanfaatkan info dari suara ini.

Bagaimana menurut kamu soal masalah maps Counter-Strike ini? Apakah kamu setuju Vertigo dijadikan legal? Kita tunggu saja sikap Valve menghadapi perdebatan ini.

Leave a Reply