Di Balik Mahalnya M4A4 Howl Skin, Ternyata Ada Kontroversi

M4A4 Howl

Memainkan Counter Strike: Global Offensive (CSGO) tak lengkap rasanya jika tidak memakai skin senjata. Memang pemakaian skin tidak membuat senjata menjadi lebih hebat atau meningkatkan tingkat akurasi.

Namun, memakai skin memberikan kepuasan tersendiri bagi para player, terlebih saat mendapatkan skin yang langka. Jual-beli skin CSGO sudah lumrah terjadi antar pemain, dan salah satu skin yang paling langka adalah M4A4 Howl Skin.

Bahkan skin StatTrak M4A4 Howl bisa dijual dengan harga 100 ribu USD atau stara dengan Rp 1,4 miliar.

Berikut ini merupakan kutipan singkat dari Indoesports, mengapa skin tersebut bisa semahal itu? Ternyata ada cerita kontroversi di baliknya.

Asal Muasal M4A4 Howl

M4A4 Howl
M4A4 Howl – CS:GO

Diawali pada 2014, saat CSGO menjadi tren di antara para gamers. Setahun sebelumnya, pihak pengembang Valve merilis Arms Deal Update, yang pada akhirnya memungkinkan player untuk membeli skin senjata menurut keinginannya.

Update ini juga membolehkan perdagangan skin di antara para player. Karena perdagangan skin semakin marak, maka para artis dan designer berlomba-lomba menciptakan design-design skin unik yang bisa dihargai mahal oleh para kolektor.

Namun bukan hanya para artis yang melihat peluang tersebut, tetapi juga penjiplak. Dua orang bernama Sic dan Auzzi mengupload skin bertajuk “Howling Dawn” ke CSGO dan mendapatkan ulasan positif dari para player.

Skin tersebut dipakaikan ke M4A4 CSGO dan kemudian dikenal sebagai M4A4 howl.

Baca Juga: Teknik Pro Dalam Memakai M4A4 Rifle di CSGO

Baca Juga: 4 Item Termahal CS: GO dengan Harga Hingga Puluhan Juta

Baca Juga: Ayo Manfaatkan Steam Market untuk Menghasilkan Uang dari CS:GO!

M4A4 Howl adalah Hasil Curian

M4A4 Howl
M4A4 Howl – CS:GO

Setelah cukup terkenal dan Sic serta Auzzi mendapatkan uang banyak dari penjualan skin CSGO M4A4 howlnya, terungkap bahwa skin tersebut adalah desain curian dan bukan merupakan karya original Sic dan Auzzi.

Pada Juni 2014, seorang artis bernama DeviantArt CanisAlbus mengungkapkan bahwa M4A4 adalah karyanya. Ia pun marah dan mengambil tindakan hukum untuk mengadili Sic dan Auzzi yang telah mengunggah karyanya tanpa izin.

M4A4 Howl Jadi Langka dan Capai Status Legendaris

M4A4 Howl
M4A4 Howl

Setelah CanisAlbus melaporkan ke jalur hukum, Valve Corporation selaku pengambang CSGO pun menghapus M4A4 Howl dan menggantinya dengan desain baru yang hak ciptanya sudah dimiliki Valve.

Tapi masalah tidak selesai disitu. Meski telah dihilangkan pengembang, namun M4A4 Howl original masih dimiliki oleh beberapa pemain. Pemain yang sudah menyimpan skin ini pun mampu memainkan harga karena M4A4 Howl banyak dicari.

Seketika, M4A4 Howl menjadi skin terlangka dan mencapai status legendaris di antara para player. Cerita M4A4 Howl yang kontroversial tersebut justru menarik minat para kolektor untuk mendapatkannya, dengan harga M4A4 Howl berapapun.

Bayangkan Anda mendapat item langka dengan cerita unik di baliknya? Tentu ada perasaan bangga dan memotivasi diri untuk terus bermain CSGO.

Itulah cerita di balik langka dan mahalnya M4A4 Howl di CSGO. Jika Anda tertarik mendapatkan skin tersebut, siapkan uang yang banyak karena harganya bisa saja tak masuk akal.

Leave a Reply