Mungkinkah CSGO Akan Hadir di PS4?

Banyak komunitas game yang mempertanyakan apakah Counter Strike Global Offensive versi PS4 akan segera hadir? Game dengan genre FPS atau First Person Shooting ini telah lama dikembangkan oleh Valve Corporation. Game ini juga mempunyai banyak pemain aktif setiap bulannya. Pada pertama kali peluncurannya, yaitu pada 21 Agustus 2012 lalu, game ini bisa bisa dimainkan pada banyak platform. Tak hanya melalui PC, game ini juga bisa dimainkan di PS3 dan Xbox. Sayangnya, untuk versi konsol dan Xbox, game ini tak mendapatkan sambutan yang baik.

Dari tahun 2012 hingga sekarang, tercatat bahwa Counter Strike Global Offensive sudah bisa bertahan hingga hampir 7 tahun dengan cukup perkasa. Meski sempat mengalami protes keras akibat update Free to Play, game ini tetap tak bisa dilepaskan dari ranah esports. Banyaknya event kompetitif dengan hadiah besar-besaran menjadi faktor utama game ini tetap gagah. Para komunitas pecinta game ini juga tak bisa berpaling begitu saja. Bagaimanapun, waktu 7 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk membangun sebuah ekosistem game yang kuat.

Namun, CS: GO yang kini sudah mendominasi game PC dan PS3, bukankah ini waktu yang tepat bagi Valve untuk merilis game ini di PS4? Keuntungan yang besar mungkin saja akan diraup oleh pihak penerbit.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, judul game Counter Strike Global Offensive sudah sangat populer untuk gamer PC. Sampai saat ini, game ini hanya berakhir pada PS3 dan Xbox 360 saja. Memang benar, ada banyak kritik yang ditujukan untuk game versi konsol. Beberapa pemain mengeluhkan bahwa game ini cukup sulit dikendalikan pada versi konsol. Counter Strike Global Offensive versi PS3 sering mengalami lag sehingga para pemain tidak mampu untuk mengendalikan permainan. Inilah mungkin alasan mengapa sampai saat ini Valve belum juga merilis game versi konsol.

Dari pihak Valve sendiri, mereka belum mengatakan apa pun tentang game versi PS4. Untuk memulai game versi PS4, rasanya memang sudah cukup terlambat. Siklus game konsol sekarang ini sangat berbeda dengan beberapa tahun terakhir. Ditambah lagi, fakta bahwa Counter Strike Global Offensive saat ini telah beralih ke model free to play. Untuk bisa merilis game versi PS4, Vale tentu membutuhkan dana yang cukup besar. Dari fakta-fakta ini, rasanya tidak mungkin bagi Valve untuk merilis versi PS4.

Sekilas Perjalanan Counter Strike Global Offensive

Counter Strike Global Offensive merupakan seri permainan keempat dalam Counter Strike. Seperti yang telah dijelaskan di atas, game ini resmi dirilis pada 21 Agustus 2012. Dalam permainan ini, semua pemain berperan sebagai penembak jitu. Mereka bisa bergabung dalam kelompok teroris atau anti teroris. Di manapun mereka bergabung, para pemain tetap mempunyai misi yang harus diselesaikan.

Game ini menyediakan banyak sekali senjata. Ada berbagai jenis pistol, bom, juga rompi anti peluru. Tak hanya itu, para pemain juga bisa memilih sendiri beberapa mode permainan yang mereka inginkan. Setidaknya, ada 6 mode permainan yang bisa para pemain pilih. Semuanya menawarkan keseruan bermain yang sama. Tak hanya itu, game ini juga menawarkan bersi permainan online yang tak kalah seru.

Ada atau tidaknya CS: GO versi PS4, game ini sudah cukup mendapatkan banyak keuntungan dari versi mobile. Adanya turnamen major CS: GO juga bisa mendukung bahwa game ini akan terus berkembang untuk versi PC-nya. Tanpa versi PS4, Valve tetap bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Leave a Reply