CS:GO Free to Play dan Efeknya di Sisi Esports?

machine gun csgo

Bagi para fans, CS:GO, Anda tentu tahu tentang berita dari Valve yang menyatakan bahwa game ini sudah menjadi Free to Play sejak tanggal 6 Desember 2018 lalu. Saat pertama kali diumumkan, banyak fans menjadi bingung. Di satu sisi, para fans yang sudah membeli game, menjadi kecewa karena merasa uangnya terbuang percuma. Di sisi lain, banyak gamer yang suka dengan pilihan ini, karena mereka bisa download Counter Strike PC dengan gratis.

Hal ini tentu seru di bahas, tapi artikel ini hanya akan fokus pada efek keputusan ini ke sisi esports CS:GO setelah beberapa bulan berlalu sejak penetapan ini. Seperti yang telah diketahui, game ini ukurannya sangat besar di dunia esports di tahun 2018. Walaupun begitu, perubahan zaman, trend game dan juga dinamika esports selalu berubah cepat. Efek perubahan ini tentu perlu dilihat lebih dekat agar kita tahu bahwa keputusan menjadi game gratis ini tepat bagi CS:GO.

Kondisi Esports Game Saat Ini

Team SoloMid
CSGO

Saat ini game yang menjadi esports makin banyak. Game kartu seperti MTG Arena menjadi topik hot pada awal tahun 2019. Esports sekarang mulai meluas dan bisa mencakup banyak hal. Game lama seperti Tetris-pun mulai mendapat perhatian dari sisi tournament karena game Tetris 99.

Walaupun banyak muncul game esports baru, dominasi saat ini masih dipegang oleh DoTA 2. Game moba buatan Valve ini gratis untuk dimainkan dan menjadi besar di esports karena hal ini. Hadiah berjuta – juta Dollar yang selalu diperebutkan tiap tahun di The Internasional (TI) merupakan hasil dari dukungan para player yang bergabung secara free.

Bagi yang tidak tahu, DoTA 2 membuat banyak micro-transaction special yang bisa dibeli oleh para player. Nah, uang dari pembelian item digital tersebut akan dikumpulkan sebagai tambahan hadiah tournament yang diumumkan sebelumnya. Karena player di DoTA 2 banyak dan item yang dijual menarik, banyak uang yang terkumpul dari hal tersebut.

Selain DoTA 2 dengan sistem crowd funding hadiah dari player base, Overwatch dan LoL lebih memilih jalur tradisional dengan fixed prize pool. Walaupun begitu event esports kedua game ini juga tidak kalah dengan DoTA 2. Sebagai game esports populer ke 2 dan ketiga 3, Overwatch dan LoL lebih mementingkan perayaan bersama komunitas dengan event – event life dan online.

Kondisi CS:GO Sekarang

csgo-dual-berettas
CSGO

Walaupun sudah berubah menjadi gratis, pamor Counter-Strike: Global Offensive sayangnya tidak bisa bersaing dengan game – game di atas. CS:GO sekarang berada di posisi unik yaitu sebagai game kesayangan komunitasnya, tapi tidak bisa mendatangkan banyak pemain baru. Para player yang memperhatikan game ini kebanyakan hanyalah player yang memang bermain CS:GO, tapi untuk dapat bertahan lama, tentu Valve harus mengusahakan peningkatan download Game Counter Strike PC diluar para fans yang sudah ada.

Mudah – mudahan kedepannya, Valve lebih berusaha baik untuk mendorong game ini kembali bangkit.

Leave a Reply