CSGO : Mau Jago pakai Assault Rifle?

Anda yang bermain Counter Strike Global Offensive, terlepas dari berapa lama Anda sudah memainkan game online yang satu ini, barangkali sudah menyadari bahwa assault rifle sering kali jadi pilihan senjata utama para pemain lainnya. Ada berbagai alasan mengapa jenis senjata ini jadi favorit pemain, dan penampilannya yang keren bukanlah satu-satunya jawaban. Sebab, selama digunakan dengan cara yang tepat, assault rifle bisa membalikkan situasi sepanjang permainan.

Bagi Anda yang ingin lebih mengenal dan menguasai jenis senjata ini untuk menjadi salah satu pemain jago di Counter Strike, berikut ini adalah panduan singkat tentang assault rifle yang wajib Anda simak. Selamat membaca!

Jenis Assault Rifle Apa yang Harus Dipakai?

Assault Rifle csgo

Pada dasarnya, kelas senjata ini merupakan salah satu dari dua senjata terbaik di dalam CS GO – yang satunya lagi adalah AWP. Selain akurat, assault rifle pun memiliki kemampuan penetrasi armor yang hebat. Dan seperti halnya jenis senjata lain dalam Counter Strike online, assault rifle pun sangat ideal digunakan dalam situasi tertentu.

Sejauh ini, ada berbagai jenis assault rifle yang dapat Anda temukan dalam permainan dan yang paling populer adalah AK-47, M4A4, dan M4A1.

Meski demikian, M4A1 sudah mengalami perubahan besar-besaran sehingga kemampuannya pun menurun dibandingkan sebelumnya, termasuk penurunan tembakan dan penetrasi armor. Untungnya, hal tersebut justru akan membuat senjata ini makin mudah digunakan dan dikendalikan, sehingga akurasinya pun meningkat. Belum lagi, masih ada peredam yang terpasang pada senjata ini, sehingga M4A1 dijamin akan masih menjadi pilihan populer di kalangan pemain CSGO yang kompetitif sekalipun.

Apabila Anda belum mampu mendapatkan jenis-jenis assault rifle yang disebutkan di atas, bukan berarti tidak ada alternatif lain yang bisa Anda pilih. Sebab, masih ada FAMAS atau Galil AR yang bisa jadi opsi alternatif yang oke. Keduanya memiliki akurasi yang oke dan damage yang memuaskan, walaupun kurang mematikan dalam jarak jauh dan tidak direkomendasikan untuk jarak menengah.

Pelajari Spray Pattern-nya

spray pattern assault rifle

Apabila Anda belajar cara mengendalikan hentakan (recoil) assault rifle paling populer, Anda pun punya kesempatan lebih besar untuk mengungguli lawan-lawan Anda. Pada dasarnya, meskipun permainan tim memang memainkan peran besar dalam gim ini, Anda pasti sudah belajar dari berbagai kompetisi esports bahwa tujuan tim pun tak akan tercapai apabila Anda tidak mengetahui dan memahami dasar-dasarnya.

Untuk memahami soal dampak hentakan yang tak terkendali dengan assault rifle, mari kita gunakan AK-47 sebagai contohnya. Anda bisa perhatikan bahwa dua peluru pertama yang dimentahkan langsung melesat lurus ketika hentakannya tidak dikendalikan. Kemudian, peluru mulai mengarah ke langit sebelum berbelok ke kiri. Setelah beberapa saat, polanya berubah dengan berbelok ke kanan selama beberapa waktu sebelum kembali ke kanan. Terus latih kemampuan Anda mengendalikan hentakan dengan mouse untuk mengubah polanya. Dan tak ada salahnya langsung berlatih begitu Anda download Counter Strike sekalipun.

Sedangkan pada senjata tipe M4, hentakannya akan membuat peluru mengarah lurus ke atas, kemudian kekiri, kembali ke kanan, dan ke kiri lagi. Polanya memang serupa, taopi lebih lambat dan langsung berhenti setelah 20 peluru, bukannya 30.

Jarak Jangkauan Panjang, Menengah, dan Pendek

short burst csgo

Ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan saat menembak. Dengan begitu, penting untuk mengetahui kapan Anda harus menggunakan satu teknik tertentu.

Aturan dasar yang biasa diterapkan adalah jangan pernah melakukan one-tap dengan senjata jenis M4 mengingat akurasi tiga peluru pertama yang dimuntahkan. Justru, Anda sebaiknya langsung menggunakan short burst baik pada jarak jauh atau menengah. Sedangkan untuk AK-47, one-tap bisa sangat bermanfaat dalam jarak jauh karena satu peluru saja yang mengenai kepala lawan akan langsung menghasilkan kill untuk Anda.

Untuk jarak menengah, three bullet burst saat menggunakan AK-47 adalah opsi yang pas, dengan dua peluru pertama yang langsung melesat dalam garis lurus, sementara peluru ketiga diarahkan dengan crosshair yang ditarik sedikit ke bawah.

Sedangkan untuk jarak pendek, spray adalah opsi terbaik yang bisa Anda pilih. Jika Anda sudah menguasai teknik ini, maka Anda bisa memberikan damage yang parah bahkan pada jarak menengah sekalipun. Yang perlu diingat adalah menembak dengan teknik spray ke arah tembok dan sasaran yang bergerak adalah dua hal yang berbeda, dan hal terpenting adalah menentukan ketinggian tembakan yang pas. Dengan begitu, persentase keberhasilan Anda ketika menembak lawan dengan spray pun akan meningkat.

Pada intinya, skill Anda jelas tidak akan meningkat begitu saja tanpa diimbangi dengan latihan. Karena itu, jangan lupa praktikkan panduan di atas, ya!

Leave a Reply