Alasan Astralis CS: GO Tak Masuk Daftar Top 10 Ranking HLTV

Alasan Astralis CS: GO Tak Masuk Daftar Top 10 Ranking HLTV

Tim Astralis CS: GO banyak menjadi sorotan komunitas esports. Dua bulan terakhir, performa tim asal Denmark tersebut tak seperti biasanya. Kali ini, tim yang dipimpin oleh Magisk tersebut bahkan keluar dari Top 10 ranking dunia. Kali ini, mereka turun ranking menjadi ke-11.

Posisi ini jelas menjadi yang terburuk selama karier Astralis di dunia CS: GO. Seperti yang kita ketahui bersama, tim ini biasanya selalu berada di posisi pertama. Meskipun turun, Astralis tidak pernah keluar dari Top 10. Ini mungkin menjadi kali pertama mereka berada di peringkat ke-11. Mengapa Astralis bisa keluar dari top 10 ranking HLTV? Mari simak penjelasan berikut ini.

Rekor Prestasi Astralis CS: GO Selama Dibentuk hingga Sekarang

Alasan Astralis CS: GO Tak Masuk Daftar Top 10 Ranking HLTV
Astralis CS: GO – Top 10 Ranking HLTV

Jika kita berbicara tentang Astralis, hal yang terlintas langsung dalam kepala kita adalah tentang prestasi mereka. Ya, tim dari Denmark ini bisa dibilang raja dalam dunia CS: GO. Astralis dibentuk pada tanggal 18 Januari 2016. Seluruh roster Astralis adalah pemain asli Denmark.

Sama seperti tim lainnya, Astralis tidak sukses begitu saja. Kesuksesan mereka dimulai pada tahun 2017. Trofi S-Tier pertama yang mereka dapatkan adalah turnamen ELEAGUE Major: Atlanta 2017. Usai pecah telur di turnamen S-Tier, Astralis pun seakan tidak berhenti menghasilkan trofi juara di S-Tier.

Sejak tahun 2017, tim ini terus menunjukkan performa yang luar biasa. Sejak waktu tersebut, Astralis hampir selalu berada di puncak klasemen. Jika ditotal selama kurun waktu 2018 – 2020, Astralis berhasil menempati posisi pertama selama 82 pekan. Sungguh prestasi yang luar biasa, bukan?

Namun, belakangan ini, Astralis tidak berhasil mempertahankan rekor mereka sebagai tim yang berlangganan di posisi atas. Pada bulan ini, peringkat Astralis turun di posisi ke-11. Apa yang menyebabkan peringkat Astralis turun?

Alasan Mengapa Astralis CS: GO Keluar dari Top 10 Ranking HLTV

Alasan Astralis CS: GO Tak Masuk Daftar Top 10 Ranking HLTV
Astralis CS: GO – Top 10 Ranking HLTV

Jika Anda mengikuti perjalanan Astralis sejak berdiri hingga sekarang, penurunan ranking sebenarnya sempat terjadi pada beberapa waktu sebelumnya. Pada pertengahan 2019, Astralis juga pernah mengalami penurunan ranking. Dari yang biasanya berada di posisi atas, ranking Astralis turun ke posisi ke-4.

Pada pertengahan 2019 lalu, Astralis mengalami sedikit masalah internal dengan organisasi mereka. Hal ini mengharuskan mereka untuk absen di beberapa turnamen penting. Karena tidak mengikuti turnamen, posisi mereka pun turun untuk beberapa saat. Penurunan ranking itu pun tak pernah lebih rendah dari ranking ke-4.

Kali ini, masalah lain kembali terjadi. Pada pertengahan 2020, Astralis kembali mengalami masalah internal. Kali ini, ranking mereka pun harus terjun bebas ke posisi 11. Ini alasan kemunduran Astralis CS: GO.

1. Kehilangan Dua Pemain Inti

Bulan Mei 2020 menjadi bulan yang sangat berat bagi tim Astralis CS: GO. Tim ini kehilangan dua pemain inti mereka, yakni Lukas “gla1ve” Egholm Rossander dan Andreas “Xyp9x” Højsleth. Bagi sebuah tim dengan kerja sama yang kuat, kehilangan dua pemain ini jelas sangat memberatkan tim.

Gla1ve yang selama ini selalu menjadi poros tim memutuskan mundur pada 19 Mei 2020 karena alasan kesehatan. Setelah sekian lama dipercaya sebagai kapten tim, kepergian gla1ve jelas berpengaruh besar pada performa tim.

Satu pekan setelah gla1ve mundur, Xyp9x pun ikut mundur dari tim utama. Pemain inti tersebut juga mengalami masalah Kesehatan. Ia mundur pada 28 Mei 2020. Mundurnya dua pemain tersebut langsung berimbas pada tim.

2. Absen dalam CS_Summit 6

Usai mengalami performa buruk di beberapa turnamen, Astralis memutuskan untuk tidak mengikuti turnamen CS_Summit 6. Absen dari turnamen tentu akan berimbas pada peringkat tim. Ditambah lagi, pada turnamen sebelumnya, Astralis juga mendapatkan hasil yang buruk. Tim ini pun terpuruk di posisi ke-11.

Astralis mungkin sedang mencoba untuk memperbaiki performa tim. Pada Agustus mendatang, tim ini akan kembali hadir di turnamen. Ia akan mengikuti ESL One: Cologne 2020. Kita doakan saja semoga performa Astralis kembali memuaskan.

Itulah alasan mengapa Astralis CS:GO keluar dari top 10 ranking dunia. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply