Esports Counter Strike Kuat Walau Banyak Pesaing

Overpass 1

Jika berbicara tentang game online FPS dengan sisi esports yang baik, nama Counter Strike sering muncul sebagai bahasan. Game ini memang sudah cukup tua sebagai game kompetitif dengan banyak pemain pro di dalamnya. Popularitas esports dalam game ini sudah ada dan berkembang dari satu versi ke versi lain. Mulai dari Counter Strike 1.6, Counter Strike Condition Zero, Counter Strike Source dan sekarang Counter Strike Global Offensive, fans masih banyak aktif melihat sisi esportsnya.

Jika dibandingkan, situasi kompetitif dalam game Counter Strike ini hampir mirip dengan situasi Starcraft 2 sebagai game RTS Esports terbaik. Walaupun menurun dari segi popularitas mainstream, Starcraft 2 sampai saat ini masih ramai sisi esportsnya. Hal ini tentu sama seperti Counter Strike yang namanya sudah tidak begitu banyak dibahas di area mainstream game, tapi tetap banyak dimainkan untuk kompetisi.

Untuk FPS sekarang ini, game seperti Overwatch, PUBG dan bahkan game yang baru – baru ini muncul Apex Legends tentu menjadi saingan yang berat. Memang esports PUBG dan Apex Legends memang masih tergolong kecil tapi jika dibandingkan dengan Overwatch, Counter Strike masih sama suksesnya.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Mengapa game yang sudah lama ada dan bisa dibilang tua, masing subur dari segi kompetitif? Seharusnya saat ada game baru dengan sisi esports yang kuat, hal ini bisa menyebabkan penurunan Counter Strike Global Offensive download dan pamor game FPS ini, namun mengapa kenyataannya berbeda?

Jawaban untuk hal ini bisa dibagi menjadi 3 alasan sebagai berikut:

  • Valve Sebagai Developer

Cache 1
CSGO

Alasan pertama adalah dukungan developer. Valve adalah developer yang besar dan peduli akan kondisi game-nya. Setiap ada masalah di game yang bisa mempengaruhi sisi esports game ini, Valve selalu menanganinya dengan cepat. Contoh saja aplikasi sistem Radar beberapa waktu lalu. Saat hal ini mempengaruhi panggung permainan pro esports, patch langsung keluar untuk memperbaiki masalah.

  • Dukungan Sisi Bisnis

Cache 1
CSGO

Alasan kedua adalah sisi bisnis dari esports ini. Banyak perusahaan besar dan bisnis yang muncul selama perkembangan esports game ini. Dukungan pihak sponsor dan juga tim – tim esports yang terlibat, membuat turnamen masih banyak diadakan. Selama masih ada uang hadiah dalam turnamen ini, sisi esports Counter Strike tidak akan hilang.

  • Fan Base

Cache 1
CSGO

Sisi ketiga adalah dukungan para komunitas. Game ini memiliki fans yang setia dan masih memainkan game ini dengan rutin. Selama masih ada komunitas besar yang mendukung game ini, setiap turnamen yang diadakan akan mendatangkan penonton. Penonton yang banyak mendatangkan sponsor dan tentu memotivasi Valve membuat game yang lebih baik. Hasil dari game yang baik dari Valve tentunya akan mengundang banyak player baru di game ini.

Karena alasan – alasan tersebut, sepertinya posisi Counter Strike ini sebagai game esports unggulan masih akan terus ada untuk waktu yang lama.

Leave a Reply