Akibat Virus Corona, Ini Daftar Turnamen CS: GO yang Ditunda

Seperti yang kita ketahui bersama, daftar turnamen CS:GO sangat banyak untuk tiap tahunnya. Turnamen tersebut termasuk dua rangkaian turnamen major yakni DreamHack dan juga ESL. Lalu, ada juga EPICENTER dan satu turnamen baru yang bernama FLASHPOINT. Namun, sepertinya tahun 2020 ini bukan tahun yang bagus untuk scene esports CS: GO. Apa alasannya?

Pada tahun 2020 ini, munculnya pandemi virus corona yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19 membuat beberapa turnamen harus mengganti format pertandingan mereka. Tak hanya itu, beberapa pertandingan bahkan harus ditunda sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Ketidakpastian kapan virus ini akan berhenti membuat sang penyelenggara masih dilemma menentukan tanggal.

Melansir dari RevivalTV dan ONE ESports tak hanya di ranah kompetitif CS: GO, penggantian format pertandingan, penundaan, bahkan pembatalan juga berlaku di cabang esports lainnya. Untuk cabang esports CS: GO, berikut ini adalah beberapa turnamen yang harus ditunda pelaksanaannya.

Daftar Turnamen CS: GO yang Ditunda atau Dibatalkan

Dalam jadwal yang sibuk, beberapa turnamen harus ditunda untuk meminimalisasi penyebaran virus. Keputusan ini harus dilakukan untuk menjaga keamanan banyak pihak, terutama pemain, kru, dan juga penonton. Berikut adalah daftar turnamen CS: GO yang harus ditunda.

1. ESL One Rio Ditunda Hingga November 2020

ESL One Rio adalah salah satu turnamen major yang diselenggarakan oleh ESL. Turnamen ini rencananya akan digelar pada 11 – 24 Mei 2020 mendatang. Akan tetapi, karena sampai sekarang belum ada tanda-tanda pandemi ini menghilang, jadwal pertandingan tersebut pun harus diundur.

Melalui postingan twitter resmi ESL, pada 23 Maret 2020 kemarin, pihak ESL resmi mengumumkan bahwa ESL One Rio ini diundur ke bulan November 2020 mendatang. Turnamen yang awalnya direncanakan akan digelar pada Mei mendatang kini resmi diundur ke bulan November. ESL One Rio akan dilaksanakan pada 19 – 22 November 2020 di Jeunesse Área, Rio de Janeiro.

Karena sebagian tiket sudah terjual, pihak ESL pun memastikan bahwa tiket yang dibeli oleh penggemar ini tidak akan hangus. Mereka yang sudah memiliki tiket untuk Mei 2020 nanti bisa digunakan pada November mendatang. Tak hanya itu, pihak ESL juga akan meningkatkan total hadiah menjadi US$2 juta atau sekitar Rp 33,2 miliar.

2. BLAST Premier Fall Showdown Mengganti Tanggal Turnamen

Tak hanya ESL One Rio, turnamen yang diselenggarakan oleh RFSH Entertainment, yakni BLAST Premier Fall Showdown juga harus melakukan penundaan. Turnamen ini memang dijadwalkan akan berlangsung pada 19 – 22 November 2020 tersebut. Akan tetapi, karena ESL One Rio juga akan dilaksanakan pada tanggal tersebut, RFSH Entertainment pun harus memindahkan tanggal turnamen agar tidak bentrok dengan ESL One Rio 2020.

Oleh karena itu, pihak penyelenggara sudah mengumumkan bahwa turnamen ini akan digelar pada 25 – 29 November 2020 atau 2 hari setelah ESL One berakhir. Dengan keputusan ini, diharapkan tim yang bermain di ESL One Rio dan juga BLAST Premier Fall Showdown bisa tetap mengikuti kedua turnamen tersebut.

3. Copenhagen Games Dibatalkan

Event tahunan Copenhagen Games juga resmi dibatalkan pada 25 Maret 2020 kemarin. Pihak penyelenggara sudah mengumumkan bahwa pada tahun 2020, event tahunan yang sudah digelar sejak 2010 ini resmi dibatalkan. Hal ini terpaksa dilakukan untuk meminimalisasi kasus Covid-19 di Denmark.

Turnamen ini rencananya akan digelar pada 8 – 11 April mendatang. Akan tetapi, pemerintah menetapkan perpanjangan lockdown hingga 13 April 2020. Oleh karena itu, turnamen ini resmi dibatalkan.

Pandemi Covid-19 ini memang memberikan dampak yang luar biasa bagi scene kompetitif CS: GO. Selain tiga daftar turnamen CS: GO yang disebutkan di atas, turnamen ESL Pro League Season 11 Europe dan FLASHPOINT Season 1 harus digelar dengan format online. Bahkan, ESL One Katowice 2020 yang sudah dinanti-nanti penggemar pun diselenggarakan secara online.

Untuk sementara ini, itulah daftar turnamen CS: GO yang sudah resmi ditunda atau dibatalkan akibat Virus Corona. Untuk informasi lengkap mengenai game CS: GO, Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di sini, ya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Sobat Gamers!

Leave a Reply