BLAST Pro Dikritik Usai Rilis Video Pelatih FaZe

Ada yang menarik setelah berakhirnya turnamen BLAST Pro Series Los Angeles. Untuk mengabadikan keseruan selama turnamen, pihak BLAST Pro mengunggah hasil dokumentasi pertandingan mereka ke sosial media. Sayangnya, ada satu video yang menuai kritik. Video tersebut adalah video yang menayangkan percakapan antara pelatih FaZe Clan dengan para pemainnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, Counter Strike: Global Offensive adalah sebuah hame yang amat menekankan kemampuan individu dalam permainannya. Para pemain melakukan banyak trik untuk melumpuhkan musuh. Mereka mengeksekusi lawan, melakukan cluth tak terduga, menembak musuh, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aktivitas game yang menekankan kemampuan individu ini menuntut para pemain untuk lebih cerdas dan tanggap.

Tak hanya kemampuan individu, di panggung profesional CS: GO, strategi dalam permainan juga sangat penting. Dalam hal ini, kemampuan pelatih berkoordinasi dengan para pemain menjadi hal yang sangat penting. Dengan pelatih yang kompeten dalam membuat strategi dan juga berkomunikasi dengan timnya, mereka bisa memenangkan pertandingan.

Sayangnya, pada gelaran BLAST Pro Series di Los Angeles kemarin, video percakapan yang berisi strategi dari Faze Clan tersebut diunggah ke akun twitter resmi BLAST Pro. Terlihat jelas sang pelatih Faze, Janko “Ynk” Paunovic sedang mengoordinasikan strategi timnya.

Video tersebut pun langsung mendapatkan kritik dari komunitas CS: GO. Ini merupakan masalah yang cukup serius. Seperti yang kita ketahui bersama, tak jarang sang pelatih menggunakan strategi yang sama untuk menghadapi berbagai pertandingan yang berbeda. Jika strategi dari FaZe Clan sudah terkuak, tim lain yang akan menjadi lawan mereka pun bisa mengubah strategi untuk melawan FaZe Clan. Ujung-ujungnya, tim yang strateginya bocor pun akan berujung pada kekalahan.

Jika Anda mengunjungi twitter resmi BLAST Pro, video ini bisa Anda temukan. Anda juga bisa melihat sendiri kritik dari para komunitas CS: GO. Sebagian besar mempertanyakan keputusan BLAST Pro untuk merilis video tersebut. Untuk organisasi professional seperti BLAST Pro, mereka pasti mempunyai seleksi yang ketat sebelum sebuah konten dirilis ke media sosial. Bahkan, pemain besar dari Team Liquid Jake “Stewie2K” juga ikut melayangkan kritiknya pada BLAS Pro.

Untuk Anda yang belum tahu, sebenarnya postingan ini merupakan bagian dari program yang diadakan oleh BLAST Pro. Dikutip dari Dot Esports, BLAST Pro memang mempunyai satu segmen dengan nama “Mic’d Up”. Segmen tersebut menampilkan kegiatan pelatih dan juga pemain ketika bertanding. Sayangnya, untuk rekaman pelatih FaZe Clan ini, BLAST Pro seperti membocorkan banyak strategi Ynk saat melawan tim NRG Esports.

Di dunia esports professional kasus seperti ini memang bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, ada juga beberapa kasus serupa. Seperti kasus Team DK pada beberapa tahun lalu. Strateginya terkuak setelah direkam dan juga diunggah oleh pihak GameFY.

Kritikan yang disampaikan oleh komunitas ini diharapkan bisa sampai juga ke pihak manajemen BLAST Pro. Bagaimanapun, unggahan video semacam ini bisa sangat merugikan tim. Membuat strategi untuk bermain bagus di turnamen CS: GO tentu tidak mudah. Pihak penyelenggara turnamen seharusnya memahami hal ini.

Semoga saja insiden ini bisa menjadi pelajaran bersama untuk semua komunitas CS: GO. Dalam membuat konten, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Di kemudian hari, kelalaian seperti ini diharapkan tidak terjadi lagi. Strategi tim penting untuk dilindungi supaya tidak ada yang dirugikan.

 

Leave a Reply