CSGO Jadi Free To Play Belum Menunjukan Perubahan

famas CSGO 3

Apakah kamu tahu CSGO sekarang menjadi game Free to Play seperti DoTA 2? Hal ini banyak dibahas di artikel – artikel game dan sedang hot. Perubahan ini diumumkan pada 6 Desember 2018 lalu. Dalam patch note tersebut, dicantumkan juga bahwa CSGO akan mengadopsi mode baru yaitu battle royal. Perubahan ini tentu baik untuk mengundang pemain baru, tapi di Indonesia, popularitas game ini masih saja rendah jika dibanding game esports seperti DoTA 2.

Keputusan Valve untuk mengubah sistem Counter Strike menjadi F2P ini diduga karena desakan Fortnite dan PUBG. Kedua game ini menjadi populer karena memiliki sistem free yang disukai masyarakat Indonesia. Coba saja, Anda tanya banyak gamer muda sekarang, apakah mereka main PUBG atau CS, pasti kebanyakan lebih banyak yang main PUBG.

Cache 1
CSGO

Seperti yang kamu tahu, CSGO memiliki sisi esports yang besar secara internasional, tapi di Indonesia hal ini tidak begitu terlihat menonjol. Jika menjadi free to play, banyak orang yang sebelumnya tidak tertarik, paling tidak sekarang mudah mencoba game-nya. Makin banyak pemain yang mencoba akan mempermudah game ini meraih popularitas.

Setelah mendapatkan sistem F2P, player game Counter Strike Global Offensive naik cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat dengan melirik jumlah rata – rata pemain aktif pada tahun lalu hanya sekitar 400 sampai 500 ribu player. Jika dibandingkan pada awal pada tahun awal tahun 2019, jumlah rata – rata player online saat itu bisa jadi 600 – 700 ribu orang. Dari trend yang ada di dmarket.com pemain aktif CSGO menurun dari tahun ke tahun, tapi hal ini berubah di tahun 2019.

Penambahan ini tentu bagus tapi tidak sebesar yang diharapkan. Jika Valve tidak melakukan sesuatu, popularitas game ini tentu akan melorot lagi. Di Indonesia yang sedang maju esportsnya, tentu sangat disayangkan jika CSGO ini tidak ikut dikompetisikan. Game ini memiliki sistem kompetitif yang tinggi dibandingkan dengan game yang loot base seperti pada banyak game battle royal.

Overpass 1
CSGO

Bicara soal battle royal, sekarang genre ini sangat favorite. Jika mode ini di jadikan esports dalam Counter Strike GO, dijamin makin banyak pro player yang datang. Kesuksesan mode battle royal dalam CS ini tentu perlu dukungan banyak orang. Pada event Katowice lalu, uji coba sudah dilaksanakan, tapi sayangnya yang menonton adalah player base dari tradisional CSGO.

Csgo-cs-office
valve

Valve hanya perlu mempromosikan mode baru ini dengan lebih baik. Valve harus coba luangkan dana untuk promosi mode battle royalnya kepada fans battle royal dan bukan pemain tradisional CSGO. Di dunia esports tidak ada pihak yang berani bertarung dengan Valve dari sisi dana dan support untuk game. Game seperti PUBG dan Fortnite memang besar, tapi sisi esports-nya belum sebaik CSGO. Di sisi lain, CSGO hanya perlu melakukan transisi untuk mendukung mode battle royal.

Leave a Reply