Denmark Hadirkan Panel Khusus Mendukung esports

Pemerintah Denmark dukung pertumbuhan esports. Hal ini telah disampaikan oleh Kementerian Kebudayaan Denmark beberapa waktu lalu tentang adanya strategi khusus demi mendorong pertumbuhan esports di negeri tersebut, mulai dari atlet, hingga berbagai bisnis yang berhubungan dengan esports.

Bukti nyata dukungan dari pemerintah adalah dengan membentuk sebuah panel khusus yang dapat digunakan untuk menunjang pertumbuhan industri esports. Panel ini juga berfungsi menumbuhkembangkan bakat-bakat baru serta memelihara sistem komunitas esport di Denmark. Salah satu cabang esports yang paling laku di Denmark adalah Counter Strike Global Offensive. Cabang olahraga ini juga mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Panel dan Strategi Pemerintah Denmark

HLTV

Kementerian Kebudayaan Denmark menyusun sendiri panel serta strategi untuk mengembangkan dunia esports. Panel yang dibentuk ini akan semakin membantu dalam perizinan infrastruktur di Denmark, termasuk dalam hal menarik minat para perempuan untuk ikut terjun dalam dunia esports. Lalu, panel ini juga diharapkan dapat mengundang peluang bisnis ke ranah olahraga elektronik Denmark.

Menurut kabar yang beredar, panel khusus ini akan diresmikan pada musim semi tahun ini. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Mette Brock, Kementerian Kebudayaan Denmark, serta Lars Lokke Rasmussen, Perdana Menteri Denmark.

Isi Strategi Untuk Mendukung Pertumbuhan Esports

HLTV

Saat ini, pemerintah Denmark baru memastikan kerangka-kerangka kerja yang baik untuk esports. Bagaimanapun, Esports berada dalam sebuah perkembangan olahraga yang serba cepat. Anak-anak, terutama, sekarang ini sudah mengubah sebagian besar pola bersosialisasi dan kebiasaan mereka. Ini tentu membuka peluang baru. Akan tetapi, di sisi yang lain, ada kekhawatiran orang tua akan pola yang berubah ini. Untuk meluruskan semua ini, pemerintah Denmark menghadirkan panel dan strategi khusus.

Strategi khusus yang saat ini sedang dalam masa pematangan adalah membangun struktur yang berkelanjutan untuk esports Denmark, memperkuat pengembangan para atlet nasional, membangun sebuah visi bersama dalam integritas esports, misalnya mengatasi kecurangan, toxic player, juga judi.

Strategi yang baru ini juga dapat membantu pengembangan komunitas dan juga organisasi esports supaya mereka dapat memberikan kehidupan yang lebih baik untuk para atletnya. Lalu, strategi ini juga bertujuan untuk menciptakan peluang bisnis dalam bidang esports, menarik minat perempuan untuk aktif menjadi atlet esports, serta merevisi undang-undang untuk mendukung pengembangan esports di negeri tersebut.

HLTV

Lars Lokke Rasmussen sendiri sebagai Perdana Menteri Denmark juga sering sekali menyambangi gelaran esports yang diadakan di negeri tersebut. Kemarin, pada turnamen BLAST Pro Series Copenhagen 2018, Permada Menteri Denmark juga memberikan pidatonya. Selain itu, beliau juga sempat berinteraksi dengan penonton yang membahas tentang esports.

Denmark memang menjadi salah satu negara yang tak menganggap enteng dunia esports. Pemerintah dengan tegas memberikan dukungan untuk perkembangan olahraga digital ini. Negara-negara lain tentu bisa mencontoh langkah maju yang dilakukan oleh pemerintah negara Skandinavia ini. Bagaimanapun, kemajuan teknologi tidak bisa kita cegah. Langkah terbaik adalah melakukan strategi untuk mendukung pertumbuhan esports menjadi lebih baik sekaligus mengurangi dampak buruk pertumbuhan esports.

Bahkan, pemerintah Denmark rela mengubah undang-undang untuk memastikan dunia esports bisa berkembang dengan baik. Ini tentu tindakan fair pemerintah yang tidak terintimidasi oleh perkembangan teknologi. Mereka justru mendukung dunia esports yang di berbagai belahan bumi lain masih dianggap sebagai suatu hal yang enteng dan tak perlu mendapat perhatian lebih. Lalu, bagaimana dengan pemerintah Indonesia? Mari kita tunggu saja perkembangannya nanti.

 

Leave a Reply