Di-Ban dari Twitch, S1mple ingin Putus Kerja Sama

Youtube

Ada kabar tak menyenangkan dari pemain berbakat Oleksandr “s1mple” Kostyliev. Sang pemain CS: GO tersebut kembali mengalami masalah dengan akun Twitch-nya. Setelah beberapa waktu lalu sempat di-banned oleh pihak Twitch, kini S1mple kembali mengalami masalah yang sama. Apa yang terjadi dengan akun Twitch milik S1mple? Mari kita lihat ulasan lengkapnya berikut ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, Twitch merupakan platform video game yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Banyak atlet esports professional yang menggunakan platform ini, termasuk S1mple. Sayangnya, selama menggunakan platform tersebut, S1mple mengalami sering mengalami masalah, termasuk channel-nya yang tercatat mengalami banned hingga dua kali.

Pada 29 November 2019 lalu, channel Twitch milik S1mple kembali di-banned oleh pihak Twitch. Ini adalah kali kedua S1mple mendapatkan hadiah banned dari pihak Twitch. Sebelumnya, akun pemain CS: GO muda asal Ukraina tersebut juga pernah di-banned pada Agustus 2019 lalu. Selang dua bulan berlalu, ia kembali mengalami masalah yang sama.

Youtube

Apa yang menyebabkan akun Twitch milik S1mple di ban? Menurut postingan yang ia unggah di akun twitter pribadinya, S1mple kena ban karena melakukan hinaan homofobik. Tak terima, S1mple pun memberikan komentar berkaitan dengan ban yang diberikan kepadanya.

Menurut S1mple, sistem Twitch kurang sempurna. Sistem tersebut tidak mengerti bahwa kata yang sama bisa mempunyai arti yang berbeda jika digunakan dalam konteks yang berbeda. S1mple juga mengaku bosan dengan platform streaming tersebut. Hukuman ban tersebut menurutnya sangat tidak adil.

Lebih lanjut, S1mple juga mengatakan bahwa dirinya tak ingin lagi mempunyai kerja sama dengan Twitch. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa pemain CS: GO kondang tersebut akan memilih platform streaming lain untuk menunjukkan bakat bermainnya.

Youtube

Atas postingan tersebut, banyak penggemar memberikan saran kepada S1mple. Penggemar meminta S1mple untuk mengikuti jejak Shroud dan juga Ninja yang berpindah dari Twitch ke Mixer. Platform streaming tersebut diketahui punya sistem yang lebih baik dibandingkan dengan Twitch.

Apakah S1mple akan mencoba rekomendasi dari penggemarnya tersebut? Kita lihat saja nanti. Bagaimanapun, agak susah untuk berpindah ke platform streaming video game lainnya. Meski sering mengalami masalah, Twitch cukup populer dan dipakai banyak orang. Inilah mengapa banyak atlet profesional yang memanfaatkan platform ini.

Nah, sebagai platform video game yang dipakai oleh banyak masyarakat di berbagai dunia, Twitch memang punya aturan yang sangat ketat. Aturan ketat tersebut di antaranya berkaitan dengan hateful conduct. Twitch sangat ketat dalam menindak konten-konten yang merujuk ke ujaran kebencian atau aktivitas apa pun yang mendorong, memfasilitasi, atau mempromosikan diskriminasi, objektifikasi, penghinaan atau kekerasan etnis, ras, asal agama, jenis kelamin, agama, dan lain-lain. Itu adalah pedoman komunitas yang harus disepakati oleh seluruh pengguna Twitch.

Youtube

S1mple mungkin tidak bermaksud untuk melakukan hinaan homofobik. Akan tetapi, sistem Twitch mengenalinya sebagai bagian dari hateful conduct. Itulah alasan mengapa channel milik S1mple akhirnya kena ban.

Apa langkah selanjutnya yang akan diambil oleh S1mple? Karena mendapatkan ban dari pihak Twitch, tentu para penggemar pasti akan merindukan pemain muda asal Ukraina tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, popularitas S1mple makin meningkat setelah mendapat predikat sebagai pemain CS: GO terbaik 2018. Kini, ia bermain bersama dengan Natus Vincere. Kita doakan saja semoga S1mple cepat mendapatkan solusi atas masalah yang ia terima. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply