ESL Pro League Season 11 Dibatalkan, BOOM Esports Undur Diri

oneesports

ESL Pro League Season 11 adalah esports tournament major yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar Counter Strike: Global Offensive (CS: GO). Akan tetapi, turnamen yang sangat ditunggu-tunggu ini terpaksa harus dibatalkan karena merebaknya Virus Corona yang menimbulkan penyakit COVID-19. Pertandingan ini dibatalkan dan diganti dengan pertandingan regional, yakni Eropa dan Amerika Utara.

Dilansir dari Liquipedia dan revivaltv, ini adalah pertama kalinya dalam sejarah ESL Pro League. Sebelumnya, turnamen major ini selalu diselenggarakan secara meriah dengan mempertemukan tim-tim asal Eropa dan Amerika dalam satu tempat. Akan tetapi, ESL Pro League Season 11 dibatalkan karena Virus Corona. Ini tentu menjadi kabar buruk di dunia esports, terutama para penggemar CS: GO.

indozone

Yang lebih menyedihkan lagi, BOOM Esports yang semula dijadwalkan untuk mengikuti turnamen ini pun terpaksa harus mengundurkan diri. Pihak ESL selaku penyelenggara acara baru saja membuat pengumuman bahwa tim asal Indonesia ini mengundurkan diri dari ESL Pro League Season 11. Posisinya kemudian digantikan oleh tim asal CIS, yakni Team Spirit.

Mengapa BOOM Esports mengundurkan diri? Padahal, tim ini baru saja didengung-dengungkan oleh para penggemar CS: GO di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, BOOM Esports baru saja melebarkan sayap ke ranah CS: GO dunia. Organisasi asal Indonesia ini berhasil mengakuisisi roster Ex-INTZ.

oneesports

Namun, sepertinya pihak manajemen tak ingin mengambil risiko atas turnamen tersebut. Alasan BOOM Esports akhirnya mengundurkan diri dari turnamen adalah karena mereka tidak ingin mengambil risiko terjangkit virus corona. Mereka lebih memilih mengundurkan diri dan memberikan waktu istirahat sejenak untuk para pemain. Roster BOOM Esports pun dipulangkan ke Brazil.

Sebelumnya, BOOM Esports masuk ke regional Eropa untuk mengikuti ESL Pro League 2020. Karena jaraknya terlalu jauh dari Brazil, mereka akhirnya memilih untuk keputusan aman. Keputusan ini pun diterima baik oleh ESL selaku penyelenggara.

Wabah Corona memang menjadi kondisi tak terduga yang juga tak bisa dihindari. Berkaitan dengan keputusan BOOM Esports, pihak ESL sendiri tak memberikan penalty apa pun. Mereka masih tetap berada dalam jajaran tim partisipan untuk turnamen major Pro League pada musim berikutnya. Mereka hanya mengundurkan diri pada musim kali ini karena musibah yang tak bisa dihindari.

Tak hanya BOOM Esports, beberapa tim yang tergabung dalam ESL Pro League Season 11 juga diketahui mengundurkan diri dari turnamen. Sebelum BOOM Esports, ada Renegades yang juga mengundurkan diri. Tim asal Australia ini lebih memilih untuk beristirahat di kampung halamannya.

Lalu, ada juga Sharks Esports, tim asal Brazil, yang juga mengundurkan diri. Mereka juga tak mau ambil risiko terjangkit virus tersebut.

Jebreeet media

Dalam hal ini, Team Spirit berhasil menggantikan BOOM Esports. Dua tim lainnya yang direncanakan akan menggantikan tim yang mengundurkan diri adalah BIG Esports serta Swole Patrol. Adanya pergantian tim ini diharapkan bisa membuat turnamen berjalan dengan baik. Meskipun virus corona sedang melanda di berbagai belahan dunia, pihak penyelenggara tetap menomorsatukan keamanan para pemain dan juga staf.

ESL Pro League Season 11 sebelumnya dijadwalkan digelar pada 16 Maret 2020 di dua regional, yakni Eropa dan Amerika Utara. Untuk regional Eropa, ada 18 tim yang bertanding. Kemudian, untuk regional Amerika Utara, hanya ada 6 tim yang bertanding. Babak grup ini nantinya akan berjalan selama kurang lebih satu bulan. Tim papan atas pada setiap grup akan terbang ke Denver untuk mengikuti babak final.

Sama seperti musim-musim yang sebelumnya, turnamen ESL Pro League Season 11 akan memperebutkan juara Intel Grand Slam. Hadiah yang disediakan untuk turnamen ini adalah sebesar $750.000 dollar Amerika Serikat. Karena konsep turnamen berbeda dari yang sebelum-sebelumnya, tim yang bertanding harus lebih waspada dan mengantisipasi segala kemungkinan yang ada.

Demikian adalah informasi terbaru seputar ESL Pro League Season 11 yang dibatalkan dan diganti dengan turnamen per regional. BOOM Esports pun terpaksa mengundurkan diri akibat khawatir terjangkit virus Corona. Kabar ini memang bukan kabar baik. Namun, semoga kabar ini bisa menambah wawasan Anda seputar game CS: GO.

Leave a Reply