eXTREMESLAND Asia 2019, Siapa Wakil Indonesia?

Ada kabar gembira bagi pecinta permainan Counter Strike Global Offensive, yaitu akan dibukanya turnamen eXTREMESLAND CS: GO Asia 2019. Zowie eXTREMESLAND telah mengumumkan turnamen ini secara resmi. Kejuaraan ini juga sekaligus menjadi edisi keempat dari eXTREMESLAND. Kabarnya, turnamen yang mempertemukan tim-tim CS: GO terbaik se-Asia ini akan memperebutkan hadiah uang dengan total Rp $100.000 dolar Amerika atau setara dengan sekitar Rp 1.4 miliar rupiah. Kira-kira, siapa yang akan mewakili Indonesia untuk melaju ke turnamen ini?

Zowie eXTREMESLAND pertama kali mengumumkan turnamen ini melalui website resmi mereka. Turnamen yang sudah diadakan rutin setiap tahun dan sudah memasuki tahun ke-4 ini kabarnya akan memperluas jangkauan kualifikasi mereka. Akan ada lebih dari 30 negara se-Asia Pasifik yang akan mengikuti turnamen ini. Perluasan jangkauan kualifikasi ini sesuai dengan janji Zowie eXTREMESLAND pada turnamen yang sebelumnya. Dari 30 negara yang mengikuti babak kualifikasi, akan dipilih 16 tim terbaik untuk melaju ke babak utama.

Babak kualifikasi tiap negara akan mulai diadakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019. Semua tim yang lolos kualifikasi akan menuju ke babak final yang akan diselenggarakan pada 14 hingga 17 November 2019 bertempat di Shanghai, China. Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, akan ada 16 tim terbaik yang lolos kualifikasi untuk bertanding langsung di Shanghai. Selain memperebutkan hadiah total uang yang mencapai Rp 1.4 miliar, tim yang bertanding juga akan memperebutkan gelar sebagai tim terbaik se-Asia.

Dari 3 musim eXTREMESLAND yang pernah diadakan, wakil Indonesia berbeda-beda. Pada musim pertama, yaitu eXTREMESLAND 206, Team NXL lolos sebagai pemenang kualifikasi indonesia dan berhak mewakili Indonesia untuk turnamen utama di Shanghai. Meski belum bisa mencapai semifinal, NXL sudah cukup bagus karena bisa menempati posisi ke-8. Sementara juara eXTREMESLAND musim pertama adalah tim asal China, VG.Cyberzen setelah mengalahkan tim asal Australia Renegades.

Pada musim kedua, Indonesia diwakili oleh Recca Esports. Sayangnya, performa Recca Esports pada eXTREMESLAND 2017 belum begitu sempurna. Ia mentok di peringkat ke-11. Sementara itu, juara turnamen ini lagi-lagi adalah tim asal China, yaitu Flash Gaming setelah mengalahkan tim senegaranya, yaitu Eclipse.

Pada musim ketiga, yaitu eXTREMESLAND Asia 2018, tim Counter Strike Global Offensive yang mewakili Indonesia adalah EXECUTIONERS atau yang sering disebut dengan XCN. Perjuangan XCN di liga Asia juga mentok hanya di posisi ke-12. Sementara itu, juara pertama musim ini tak lagi dipegang oleh China. Juara musim ke-3 adalah tim asal Korea Selatan, MVP PK setelah mengalahkan tim asal Timur Tengah, NASR eSports.

Lalu, pada musim ke-4 ini? Siapakah yang akan menjadi wakil dari Indonesia? XCN sendiri kali ini tak mempunyai tim sekuat dulu setelah kehilangan beberapa pemain andalan mereka. Seperti yang kita tahu bersama, scene kompetitif Counter Strike Global Offensive di Indonesia kurang begitu bagus. Banyak pemain Indonesia yang lebih memilih bermain dengan tim luar negeri karena buruknya scene kompetitif di Indonesia. Babak kualifikasi eXTREMESLAND 2019 ini, diharapkan bisa membangkitkan kembali scene kompetitif di Indonesia.

Masih ada tim-tim terbaik yang bisa diandalkan untuk bertanding di eXTREMESLAND nanti. Ada Recca Esports, TEAMnxl>, BOOM ID, dan masih banyak yang lainnya. Kita tunggu saja babak seleksi negara yang akan segera digelar bulan depan. Semoga saja wakil Indonesia bisa bermain lebih baik untuk musim ini.

 

Leave a Reply