Hati-Hati, Valve akan Mute Pemain CSGO dengan Banyak Report

Counter Strike: Global Offensive (CSGO) bukanlah game yang dimainkan oleh satu orang saja. Game ini bisa dimainkan bersama tim yang tentu saja menuntut adanya komunitas antarpemain. Layaknya game jenis FPS lainnya, game ini membutuhkan komunikasi antarpemain agar bisa memenangkan pertandingan. Oleh karena itu, fitur voice chat sangat bermanfaat untuk mengatur strategi dan menghadapi musuh.

Tak hanya mengandalkan skill masing-masing pemain, kerja sama antarpemain memang sangat dibutuhkan untuk memenangkan pertandingan. Anda perlu mengatur strategi, berbagi informasi seputar musuh, hingga mengatur serangan. Oleh karena itu, fitur voice chat ini jelas sangat berguna.

Valve

Akan tetapi, alih-alih digunakan untuk berkomunikasi dengan baik, fitur tersebut justru disalahgunakan oleh para pemain. Mereka yang terlanjur emosi di dalam game justru sering melontarkan kata-kata yang tidak pantas. Tak jarang, voice chat ini justru digunakan untuk flaming yang membuat permainan justru terasa tidak menyenangkan. Pemain-pemain yang mengumpat atau berkata kasar di dalam game juga membuat permainan menjadi mengesalkan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Valve pun akan memberlakukan peraturan baru. Dalam update CS: GO terbaru, sang pengembang pun meluncurkan fitur mute otomatis. Mute otomatis tersebut berlaku apabila pemain mendapatkan banyak report dari pemain lain.

Valve

Akhirnya, setelah sekian lama communication abuse tak mendapatkan hukuman apa pun dari Valve, kini perbuatan tak menyenangkan tersebut pun akan mendapat hukuman. Fitur mute otomatis tersebut dijelaskan langsung dalam web resmi CS: GO. Fitur ini akan langsung berlaku untuk pemain dengan jumlah laporan communication abuse yang banyak.

Saat pemain dengan report yang banyak memasuki game, fitur voice chat akan langsung dibisukan. Akan tetapi, jika pemain lain masih memberikan maaf untuk pemain yang di-mute tersebut, kalian juga bisa melakukan unmute.

Dengan adanya fitur baru tersebut, Valve berharap bahwa pemain bisa lebih berhati-hati dalam berkomunikasi. Pelanggaran terkait communication abuse ini sudah berkali-kali terjadi. Banyak pemain yang merasa risih atau terganggu dengan hal tersebut. Untuk itu, fitur ini diharapkan bisa membuat para pemain kembali nyaman saat bermain CS: GO.

Tak hanya CS: GO, fitur mute di dalam game online sebenarnya sudah cukup wajar. Beberapa game lain juga mempunyai fitur tersebut. Akan tetapi, tidak semua pemain bersedia menggunakan fitur tersebut. Mereka malah memilih merespons kata-kata abusive dengan kata-kata kasar lainnya. Suasana bermain pun justru menjadi kurang nyaman.

Valve
Valve

Nah, untuk Sobat Gamers sendiri, seberapa sering Sobat Gamers menggunakan fitur mute tersebut? Apakah Anda lebih memilih fitur mute dibandingkan report? Yuk sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

Di Indonesia, game Counter Strike: Global Offensive (CS: GO) memang tak sepopuler game versi mobile. Akan tetapi, sejak game ini bisa dimainkan secara gratis pada akhir 2018 lalu, jumlah pemain CS: GO di Indonesia lumayan meningkat. Lalu, banyaknya turnamen CS: GO yang digelar di kancah internasional juga membuat game ini semakin diminati. Banyak gamers yang penasaran dan mencoba untuk memainkan game jenis FPS yang sangat mengasyikkan ini.

Demikian adalah penjelasan mengenai fitur baru berupa mute otomatis yang ada di game CS: GO. Dengan adanya fitur baru tersebut, semoga saja permainan Counter Strike: Global Offensive ini menjadi semakin menyenangkan, ya. Game yang satu ini sebenarnya sangat seru untuk dimainkan bersama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya, Sobat Gamers!

Leave a Reply