Kenapa Esports CSGO Sulit Berkembang di Indonesia

BnTeT 1

Apakah kamu penasaran mengapa game classic FPS Counter Strike tidak berkembang sisi esportsnya? Padahal DoTA 2 di Indonesia bisa menjadi game kompetisi pilihan di Piala Presiden, mengapa CS tidak? Untuk menjawab hal ini, mari melihat bahasan berikut ini:

Akses Berbayar Saat Baru Muncul

Cache 1
CSGO

Alasan pertama Esports Counter Strike tidak begitu tumbuh adalah paywall awal yang diberikan pada versi CSGO. Pada saat versi ini baru keluar, banyak orang masih bermain Counter Strike 1.6 dan Counter Strike Source, kedua game ini memang berbayar, tapi akses warnet membuat kamu bisa copy ataupun download file installer bajakan.

Di CSGO, DRM Valve mulai lebih rapat dengan adanya Steam. Hal ini membuat pembajakan menjadi lebih sulit. Karena hal ini, banyak orang tidak langsung melompat ke CSGO. Orang Indonesia lebih menyukai akses online dengan sistem micro transaksi di dalamnya. Untuk contoh game yang saat itu mulai populer adalah Point Blank yang mulai menggeser pamor Counter Strike sebagai game FPS pilihan.

Tidak Banyak Event Lokal yang Ada

BnTeT 3
CSGO

Pergeseran popularitas game Point Blank saat itu membuat interest pada game CS mulai menurun juga. Sebelumnya warnet – warnet banyak mengadakan turnamen kecil di era CS 1.6 dan CS Source, tapi di era CSGO, hal ini jarang terlihat.

Tentu tim esports CS saat masa transisi ini masih ada, tapi tingkat aktif mereka mulai melengser. Hal ini berbeda dengan DoTA 2. Game ini free dan mulai banyak menarik perhatian gamer Indonesia. Selain karena free, event – event kompetisinya mulai banyak walaupun hanya diakses lewat online.

Event esports CSGO saat itu lebih populer di luar negeri dan di Indonesia dukungannya mulai sedikit. Sekarang ini CSGO telah ada versi free-nya, tapi interest pada game tua ini akan sulit tumbuh kembali.

Popularitas Game FPS Lain

Compact SMG (P90)
CSGO

Kesulitan tumbuh ini karena banyak game FPS lain yang bisa jadi alternatif dan lebih populer. Sekarang game seperti PUBG adalah yang paling banyak dibicarakan dan dimainkan. Game genre battle royal saat ini lebih populer sebagai outlet kompetisi FPS.

Game ini bahkan sekarang bisa dimainkan di mobile dengan free. Karena masyarakat Indonesia suka game free dengan kompetisi tinggi, tentu nama PUBG lebih menonjol. CSGO sekarang juga memiliki mode battle royal dan mulai transisi menjadi free. Tapi hal ini sudah dinilai terlambat. Interest masyarakat Indonesia akan Counter Strike online yang free tidak sebesar dulu.

Popularitas Game Mobile

esl indonesia
ESL

Perlu diingat bahwa di Indonesia bahwa pemain game tertinggi di Indonesia adalah pelajar dan mahasiswa. Golongan ini sepertinya sekarang lebih tertarik berkompetisi dengan smartphone dari pada dengan PC ataupun console.

Bisa dilihat dengan mudah bahwa game seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends, adalah game yang paling populer saat ini. Akses yang mudah dan tidak butuh budget mahal untuk beli PC, membuat game mobile lebih menjadi pilihan bagi gamer di Indonesia.

Sekian bahasan mengenai alasan esport game CS tidak begitu populer di Indonesia. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply