Kerap Gagal Tangkap Momen, Observer Berlin Major Diganti

StarLadder Berlin Major 2019

Saat ini, turnamen Counter Strike: Global Offensive bergengsi, StarLadder Berlin Major 2019 sedang berlangsung. Babak The New Challengers Stage dan The New Legends Stage akhirnya sudah berhasil dilalui. Kini tersisa 8 tim terbaik yang akan melaju ke babak quarter final dan semifinal. Di tengah huru hara turnamen akbar ini, observer Berlin Major justru diganti. Apa yang terjadi?

Dilansir dari liquipedia.net dan esports.id, selama pelaksanaan dua babak penyisihan grup yang sudah berlangsung, tidak sedikit para penonton yang merasa kecewa karena kinerja observer yang dinilai kurang kompeten. Banyak sekali momen-momen penting yang terlewat karena ketidaksigapan para observer. Hal ini pun jelas membuat para penonton dan juga fans merasa kecewa. Apakah Anda juga merasa demikian?

StarLadder
StarLadder

Seperti yang kita ketahui bersama, saat menjalankan pertandingan esports, terlebih game dengan jenis FPS, kontrol sudut pandang kamera sangat penting. Ini menjadi tugas utama para observer. Sudut pandang kamera bisa membantu para penonton untuk mengetahui apa yang sedang terjadi. Sudut pandang kamera juga memastikan bahwa momen-momen penting tidak terlewat. Dengan begitu, euforia pertandingan akan terasa, terutama untuk mereka yang tidak bisa hadir langsung dalam arena pertandingan.

Sayangnya, kinerja yang kurang baik ditunjukkan oleh observer. Selama pertandingan New Challenger Stage sampai dengan The New Legends Stage, kinerja observer belum mampu memenuhi ekspektasi dari pada fans dan juga komunitas Counter Strike: Global Offensive. Tak hanya ketinggalan dalam menangkap momen penting, pembagian kamera juga cenderung lebih membingungkan daripada informatif. Observer beberapa kali gagal menangkap momen penting seperti bomb planter dan clouds di akhir ronde. Adegan tembak-tembakan juga dirasa sangat memusingkan karena pergerakan kamera yang tak jelas. Untuk sekelas turnamen akbar ini, kinerja observer memang belum layak mendapatkan apresiasi.

dexerto
dexerto

Para fans tentu tidak senang dengan hal ini. Apalagi, awal turnamen StarLadder Major ini memang sudah dihiasi dengan serangkaian kejadian tak menyenangkan, di antaranya penundaan yang cukup lama pada babak New Challenger Stage hingga ketidakjelasan hak siar.

Sebagai contoh, pada pertandingan hari pertama babak Legend Stage, observer hanya berhasil menunjukkan dua kill. Salah satu kill tersebut adalah yang dilakukan oleh AWP dev1ce. Observer gagal menampilkan kill yang berhasil dilakukan oleh Magisk. Layar masih menampilkan pemain yang dibunuh oleh dev1ce. Tak hanya itu saja, mereka juga melewatkan trik jumping kill MP9 yang menakjubkan. Kesalahan seperti ini tentu tak bisa dibiarkan lebih lama lagi.

Kekecewaan para penggemar pun sudah mendapatkan jawaban. Observer lama kini telah diganti dengan Connor “Sliggy” Blomfield. Sliggy tampaknya observer yang bisa diandalkan. Ia telah menjadi observer esports sejak tahun 2014 lalu di Gfinity Event. Ia juga sempat bertugas di IEM Katowice dan juga FACEIT London. Tak hanya itu, kariernya sebagai observer juga sudah melalang buana pada turnamen-turnamen ECS dan BLAST.

StarLadder Berlin Major 2019
StarLadder Berlin Major 2019

Kehadiran observer baru ini tentu sudah cukup melegakan untuk para penggemar. Seperti yang telah kita ketahui bersama, minggu ini pertandingan penting liga StarLadder Berlin Major 2019 akan segera dilangsungkan. Apabila panitia masih menggunakan observer yang sama, tentu pertandingan menjadi tidak akan menarik. Untunglah pihak StarLadder memahami keluhan dari penggemar.

Babak quarter final dan Semi Final akan segera dilangsungkan pada 5 – 8 September 2019. Siapakah tim yang akan meraih predikat sebagai juara? Apakah jagoan Anda? Kita lihat saja nanti bagaimana hasil dari turnamen StarLadder Berlin Major 2019.

Leave a Reply