Ketidakjelasan Hak Siar Warnai StarLadder Berlin Major 2019

StarLadder

Saat ini, turnamen Counter Strike: Global Offensive terbesar bernama StarLadder Berlin Major 2019 sedang berlangsung. Turnamen tahunan ini menjadi agenda rutin terbesar yang diadakan oleh StarLadder. Pertandingan sudah dimulai pada 23 Agustus 2019 lalu. Peserta sudah melalui babak The New Challengers Stage dan tim-tim terbaik bisa melanjutkan ke babak selanjutnya, yakni The New Champions Stage.

Dilansir dari liquipedia.net dan revivaltv.id, Meski sudah berstatus sebagai turnamen tahunan CS: GO yang paling besar, pelaksanaan babak Challenger kemarin masih mempunyai beberapa kesalahan teknis. Hal ini tentu membuat para penggemar yang ingin menyaksikan pertandingan secara langsung menjadi terganggu. Masalah teknis tersebut juga beragam, yakni mulai dari delay dan juga lag yang sering terjadi selama pertandingan, banyaknya jumlah iklan yang mengganggu, sampai pada kualitas observer yang ternyata sangat mengecewakan.

dexerto
dexerto

Di samping masalah-masalah tersebut, ternyata sebelumnya StarLadder juga sempat melalui masalah yang lebih besar. Seperti biasa, dalam setiap turnamen, pasti ada konten-konten berhubungan dengan turnamen StarLadder yang dibuat oleh Streamer dan para content creator. Nah, beberapa streamer melaporkan bahwa akan mereka di-banned oleh Twitch dan juga mendapat klaim DMCA dari pihak Starladder secara sepihak.

Masalah ini mulai ramai diperbincangkan setelah streamer fl0m membeberkan kisahnya melalui postingan twitter. Ia mengaku bahwa telah melakukan stream melalui client ingame GOTV seperti yang selama ini sering ia lakukan pada turnamen Major sebelumnya. Sayangnya, kali ini channel Twitch miliknya tersebut justru dijatuhi ban serta klaim DMCA dari Starladder secara sepihak alias tanpa berkomunikasi dengan dirinya.

StarLadder Berlin Major 2019
StarLadder Berlin Major 2019

Fl0m pun telah melakukan banyak cara, misalnya melakukan mute pada caster yang pada waktu itu membawakan pertandingan serta menyembunyikan iklan yang disematkan oleh pihak Starladder di stream GOTV. Akan tetapi, hal tersebut ternyata tak bisa menyelamatkan dirinya dari ban dan juga klaim DMCA yang fl0m peroleh.

Masalah ini ternyata tak hanya dirasakan oleh fl0m. Streamer lain seperti Ryu7z dan nooky juga mengalami hal yang sama. Saat melakukan streaming Major, mereka juga mendapatkan klaim DMCA secara sepihak meski melakukan stream melalui saluran resmi, yakni GOTV.

Apa yang dialami oleh para Streamer di atas membuat Streamer dan content creator yang lainnya takut untuk membuat konten yang berhubungan dengan StarLadder Berlin Major 2019. WarOwl salah satu streamer juga menyatakan bahwa ia akan berpikir dua kali untuk membuat konten berkaitan dengan turnamen ini. Bahkan, ia pun menolak melakukan stream atau membuat konten apa pun berkaitan dengan Major selama pihak Valve belum menyampaikan pernyataan resmi mereka. Sebenarnya, seperti apa kejelasan hak siar GOTV ini?

StarLadder Berlin Major 2019
StarLadder Berlin Major 2019

Di sisi lain, pihak StarLadder sebagai penyelenggara telah memberikan pernyataan resminya untuk masalah ini. pihaknya menyampaikan bahwa StarLadder punya hak siar penuh atas Berlin major. Hak siar tersebutlah yang kemudian digunakan oleh StarLadder dalam mencari sponsor sekaligus kontrak media agar dapat menjalankan turnamen Major dengan lancar.

Lalu, supaya tidak mendapatkan ban secara sepihak, StarLadder pun meminta para streamer atau content creator yang ingin menayangkan turnamen Berlin Major agar meminta izin terlebih dahulu. StarLadder akan memberikan syarat agar streamer menayangkan iklan dan juga sponsor turnamen ini. dalam hal ini, pihak StarLadder pun telah menarik seluruh klaim DMCA yang telah dijatuhkan.

Demikian adalah berita terbaru tentang gelaran StarLadder Berlin Major 2019. Sampai tanggal 1 September nanti, para tim terbaik akan melangsungkan The New Legends. Kira-kira, siapa tim yang akan melaju ke The New Champions Stage? Kita tunggu kabarnya nanti.

Leave a Reply