Kisah Haru Liquid Menjadi Tim CS:GO Terbaik Dunia

Team Liquid yang berasal dari daratan Amerika kini menduduki sebagai tim Counter Strike: Global Offensive terbaik dunia. Menurut data peringkat CS: GO dari HLTV, tim ini berhasil mengumpulkan 1000 poin. Berkat perjuangan yang panjang, akhirnya Team Liquid berhasil menggeser dominasi dari Astralis yang selama ini menduduki kursi puncak. Bagaimana perjuangan Team Liquid hingga bisa menjadi tim terbaik dunia?

Team Liquid sudah dibentuk sejak tahun 2000 lalu. Sebelum membentuk divisi CS: GO, Team Liquid sudah populer sebagai tim yang menaungi divisi Brood War, StarCraft II, dan Dota 2. Beberapa waktu berlalu, tepatnya tahun 2015, Team Liquid pun mengumumkan divisi CS: GO mereka. Tim ini pun sekarang ini menjadi tim terbaik dunia.

Tentu perjuangan untuk memperoleh gelar terbaik tidak semudah yang kita bayangkan. Dalam esports CS: GO, tim tim yang mendominasi sejak dulu adalah tim-tim asal Eropa. Amerika sepertinya agak kalah bersaing dengan tim-tim asal Eropa. Hal ini juga berlaku untuk Team Liquid.

Sejak 2015 hingga 2018, tim ini belum memperoleh trofi juara sama sekali untuk turnamen major. Mereka selalu berada di posisi runner up setelah kalah dengan Astralis. Setidaknya, pada tahun 2018 lalu, Team Liquid kalah 3 kali dari Astralis yang membuatnya harus puas sebagai runner up. Tiga pertandingan yang mempertemukan Team Liquid dan Astralis di babak final adalah Esports Championship Series Season 5 Finals, ELEAGUE CS: GO Premier 2018, dan ESL Pro League Season 8 Finals. Ini tentu jadi pengalaman pahit tim ini.

Demi membentuk kekuatan tim, Team Liquid pun berkali-kali mengganti roses CS: GO mereka. Pada akhir tahun 2018 lalu, tim ini akhirnya berhasil membentuk tim yang kuat dengan kerjasama yang baik. Mereka adalah Nicholas “Nitr0” Cannella sebagai kapten tim, Jonathan “EliGE” Jablonowski, Keith “NAF” Markovic, “Russel “Twistzz” Van Dulken, Jacky “Stewie2K” Yip, dan sang pelatih Eric “adreN” Hoag.

Stewie2K dan sang pelatih adreN menjadi pemain terakhir yang bergabung dengan Team Liquid. Mereka pun akhirnya melengkapi kekuatan tim. Pada tahun 2019, tim asal Amerika Utara ini langsung menunjukkan permainan apiknya. Mereka bahkan berhasil meraih 6 trofi juara pada semester pertama tahun ini. Sungguh prestasi yang sangat luar biasa.

Team Liquid berhasil memperoleh trofi juara pada enam pertandingan. Trofi juara tahun ini diawali dari pertandingan iBUYPOWER Masters IV, Intel Extreme Master XIV Sydney, DreamHack Master Dallas 2019, ESL Pro League Season 9 Finals, ESL Cologne 2019, hingga yang paling baru Intel Grand Slam Season 2. Permainan yang bagus pada awal tahun ini berhasil mengangkat tim Liquid menjadi tim terbaik dunia. Bahkan, pendapatan tim ini pun langsung melesat di posisi ke-6 hingga ke-10 dalam pemain CS: GO berpendapatan tertinggi di dunia.

medium

Perjalanan panjang mereka tentu mengalami pahit dan manis. Hampir tiga tahun puasa trofi juara, tim ini akhirnya berhasil melesat di tahun 2019 sebagai tim terbaik dunia. Ia tak gentar meski berhasil dikalahkan berkali-kali oleh Astralis. Kini, ia membuktikan kemampuannya dengan membalikkan keadaan.

Perjuangan Team Liquid tak berhenti di situ saja. Saat ini, tim ini juga masih berjuang dalam BLAST Pro Series Los Angeles. Tim ini akan kembali menghadapi lawan-lawan yang tangguh, seperti NRG, MIBR, dan FaZe. Apakah tim ini bisa tetap mempertahankan predikatnya sebagai tim CS: GO terbaik dunia? Mari kita ikuti bagaimana perkembangannya.

Leave a Reply