Makin Kuat, Game CS: GO Pecahkan Rekor 1 Juta Pemain Aktif

Game CS: GO menjadi game jenis First Person Shooter alias FPS yang sangat populer di dunia. Sebelum berinovasi menjadi Counter Strike: Global Offensive (CS: GO), game ini bermula dari game Counter Strike yang sudah dirilis sejak tahun 2000. Pada tahun 2012, game ini diperbarui menjadi CS: GO. Sejak saat itu, popularitas game jenis FPS ini tak pernah mengecewakan. Game ini sudah mewabah di negeri ini jauh sebelum corona virus Indonesia.

Dilansir dari revivaltv.id, meski tidak selalu berada di posisi puncak, CS: GO termasuk game yang memiliki jumlah pemain yang sangat banyak. Popularitas game ini tidak kalah dengan Dota 2 atau Point Blank sama-sama mengusung game dengan jenis FPS. Menjelang usia 8 tahun, posisi game CS: GO di tengah-tengah pemain pun kembali menguat. Game ini kembali memecahkan rekor baru. CS: GO berhasil mencapai 1 juta pemain aktif dalam waktu yang bersamaan. Rekor baru yang cukup mengharukan bukan?

Imgur
Imgur

Rekor baru yang berhasil dipecahkah oleh CS: GO ini berhasil dipecahkan pada 14 Maret 2020 kemarin. Melalui situs Steam Charts, pada hari tersebut ada satu juta orang yang mengakses game ini secara bersamaan. Ini menjadi bukti bahwa perkembangan pemain CS: GO Steam pada tahun 2020 ini tidak main-main.

Pada tahun 2020 ini, rata-rata pemain aktif dalam waktu bersamaan mencapai sekitar 500 – 600 ribuan pemain. Ini sudah termasuk angka paling tinggi untuk sebuah game steam berjenis FPS. Angka satu juta adalah rekor baru yang berhasil dicapai game CS: GO untuk tahun ini.

Tentu saja ada banyak faktor mengapa game jenis FPS buatan Valve ini bisa mencapai rekor tersebut. Salah satu faktor utama yang membuat game ini kembali diminati adalah sejak dirilisnya operasi terbaru bernama Shatter Web. Sejak operasi tersebut dirilis, jumlah pemain CS: GO selalu bertambah pada setiap bulannya. Puncaknya adalah pada bulan Maret ini.

csgo stash

Sejak CS: GO pertama kali dirilis hingga usianya 8 tahun, baru kali ini game ini mencapai angka 1 juta pemain dalam waktu bersamaan. Seperti game online pada umumnya, jumlah pemain CS: GO memang seringkali baik turun. Ada juga periode di mana game ini hanya mampu menyentuh 400 ribu pemain saja.

Mengantisipasi turunnya pemain dan persaingan game FPS yang semakin ketat, CS: GO sudah melakukan langkah pertama yang cukup baik. Pada tahun 2018 lalu, game ini berubah menjadi Free To Play (FTP) yang mana pemain tidak perlu membayar untuk memainkan game FPS tersebut. CS: GO gratis dan bisa dimainkan oleh siapa pun. Ini menjadi langkah awal game ini semakin populer.

Sejak berubah sebagai game FTP, game CS: GO terus melakukan pembaruan. Ada banyak item dan fitur baru yang hadir di game ini. Valve selaku pengembang tak pernah Lelah berinovasi untuk membuat game ini semakin diminati publik. Kerja keras sang pengembang pun tak sia-sia. Game ini berhasil menjadi game Steam terkuat.

valve

Bahkan, untuk paruh pertama tahun 2020 ini, game CS: GO menjadi game jenis FPS yang paling sering dimainkan di platform Steam. CS: GO berhasil mengalahkan game-game sejenis lainnya, termasuk Dota 2, PUBG, Rocket League, dan lain sebagainya. Perbandingan angka CS: GO di posisi pertama dan Dota 2 di posisi kedua pun sangat jauh. Selisihnya mencapai 300 ribu pemain.

Untuk rekor baru ini, negara dengan pemain CS: GO terbanyak adalah Italia. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini negara tersebut sedang memberlakukan lockdown terkait wabah Covid-19 yang merajalela. Game CS: GO menjadi penghibur masyarakat Italia yang tidak bisa pergi ke mana pun. Negara tersebut menjadi penyumbang pemain yang terbesar pada bulan ini.

Sampai sekarang, tidak ada tanda-tanda yang memperlihatkan bahwa jumlah pemain CS: GO akan menurun. Ditambah dengan adanya turnamen major yang sangat banyak, game ini diprediksi akan menjadi game terkuat selama tahun 2020. Apakah Sobat Gamers sependapat?

Demikian adalah informasi menarik mengenai game CS: GO. Ingin informasi menarik lainnya seputar game FPS yang satu ini? Ikuti terus update informasinya di sini, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply