Merekrut Tim Baru di CSGO Ternyata Tidak Mudah

Team SoloMid

Jika kamu sudah lama memperhatikan esports Counter Strike Global Offensive, kamu tentu tidak asing dengan Team SoloMid atau yang lebih dikenal dengan TSM ini. Pada beberapa waktu lalu, pihak TSM menyatakan akan vakum untuk sementara dari kompetisi esports CSGO dan menunggu proses rekrut tim baru sebelum kembali aktif.

Proses rekrut ini sebenarnya sudah berjalan dari Februari 2019 lalu, tapi sampai sekarang belum ada update berarti tentang ini. Namun saat dikonfirmasi lagi, President TSM yaitu Leena Xu menyatakan bahwa proses rekrut ini tidak semudah yang banyak orang bicarakan.

Team SoloMid
CSGO

Komunitas Counter Strike banyak menganggap proses perpindahan dan kontrak adalah sekedar tanda tangan dan melakukan transaksi. Tapi ternyata banyak hal yang harus dipikirkan sebelum proses tanda tangan ini dilakukan.

Dari Q and A di Instagram story Xu, ia mengatakan bahwa proses rekrut pemain ini bisa membutuhkan biaya 1,5 sampai dengan 2 juta US Dollar untuk benar – benar diselesaikan. Proses ini juga masih dipengaruhi harga pemain dan juga pembayaran staff yang akan mengurus player tersebut. Karena biaya ini tinggi, pihak TSM juga tidak buru – buru mencari pemain baru untuk kembali aktif.

Rumor Tentang Roster TSM

Team SoloMid
CSGO

Walau masih dalam proses mencari player, TSM sebetulnya telah muncul untuk diskusi dengan player pro. Banyak laporan tentang pihak TSM bertemu dengan banyak player sekaligus. Untuk list player yang dihubungi antara lain, Tarik ‘tarik’ Celik dari Made In Brazil dan Owen ‘Smooya’ Butterfield dari tim BIG.

Jika diperhatikan tim yang dihubungi adalah player yang sedang menjadi pemain pengganti dan bukan pemain inti. Laporan ini datang dari Jarek ‘DeKay’ Lewis yang merupakan pemain Dexerto. Dari bahasan ini proses pencarian sepertinya masih berlanjut walaupun belum final.

Proses yang panjang ini tentu membuat para fans TSM semakin resah. Konfirmasi dari Xu memiliki bobot, tapi secara umum para fans ingin bukit yang lebih konkrit. Hal seperti list target pemain yang di target ataupun data progress akuisisi yang sekarang sedang berjalan. Tanpa ada berita yang kongkrit, rumor tentang pemain yang akan diambil menjadi tidak jelas.

Masa Depan TSM

Team SoloMid
CSGO

Masalah rekrut adalah hal yang penting jadi tidak bisa dipaksakan, tapi jika pihak TSM masih tidak bisa menentukan pemain sampai tahun depan, masa depan tim ini tentu lebih kelam. Tim Counter Strike: Global Offensive yang tidak berkompetisi, tentu tidak akan mendapat banyak pendapatan. Terkadang kontrak dengan sponsor-pun bisa selesai karena tim tidak aktif.

Walaupun memiliki proses yang lamban, tim ini tentu memilih banyak kemungkinan untuk membentuk tim Counter Strike yang kuat. Mari berharap agar pemain yang diambil oleh tim ini mampu membawa kesuksesan bagi tim.

Leave a Reply