Penggunaan Jumpthrow di CSGO Major Diperbolehkan

Kabar yang cukup mengejutkan datang dari Valve dan juga rekan penyelenggara kompetisi Major Counter Strike: Global Offensive (CS: GO) berikutnya, yaitu StarLadder. Beberapa waktu lalu, StarLadder resmi mengumumkan bahwa penggunaan jumpthrow diperbolehkan untuk pertandingan CS: GO Major StarLadder yang nanti akan digelar pada bulan Agustus. Peraturan ini pun akan selalu dipakai di berbagai gelaran major mendatang. Menurut Anda, apakah ini akan menjadi kabar baik atau kabar buruk?

Dengan adanya peraturan yang baru ini, para pemain diperbolehkan untuk menggunakan bind. Bind ini nantinya bisa dipakai untuk melompat sekaligus men-trow smoke. Teknik ini tentu bukan sebuah rahasia lagi. Dengan menggunakan jumpthrow, tempo permainan major tentu akan berubah. Penggunaan jumpthrow juga bisa mempermudah pengaturan smoke pada T side.

IVPL

Keputusan ini pertama kali diusulkan oleh StarLadder sebagai penyelenggara kompetisi major. Ada juga saran dari Counter Strike Professional Player Association (CSPPA). Asosiasi ini di dalamnya berisi pemain professional termasuk Nathan “NBK-“ Schmitt, epitacio “TACO” de Melo, Andreas “Xyp9x” Hojsleth, dan banyak pemain lainnya. Kemudian, Valve sebagai pengembang CS: GO pun memberikan persetujuan atas usul tersebut.

Dengan adanya perubahan besar ini, tidak menutup kemungkinan bahwa para penyelenggara turnamen besar yang lain pun akan mengikuti jejak Valve dan StarLadder. Mereka mungkin akan memperbolehkan penggunaan jumpthrow dalam turnamen mereka. Ini tentu akan menjadi perubahan yang positif untuk scene kompetitif Counter Strike: Global Offensive di berbagai dunia.

bc-gb

Dalam hal ini, DreamHack dan juga BLAST Pro Series juga mengungkapkan tanggapannya terhadap peraturan baru ini. Mereka tengah melakukan pertimbangan untuk jumpthrow. Saat ini kedua penyelenggara turnamen terbesar tersebut sedang memperbarui peraturan turnamen. Setelah hasilnya sudah jelas baik dan buruknya, DreamHack dan BLAST Pro Series pasti akan segera merilis peraturan baru mereka.

Untuk Anda yang belum pernah mencoba teknik jumpthrow, Anda pasti bingung apa sih Jumpthrow ini. Dahulu, para pemain harus memakai dua tombol yang terpisah untuk melakukan loncatan dan juga melempar grenade. Dengan adanya peraturan baru, seperti yang telah dijelaskan di atas, pemain bisa melakukan dua gerakan tersebut hanya dalam satu tombol saja, yaitu tombol bind.

medium

Langsung saja untuk mencoba teknik ini sendiri. Anda bisa menggunakannya pada sebuah match kemudian buka console Counter Strike: Global Offensive. Ketikkan bind “key” “+jump: -attack; -jump”. Dengan begitu, Anda bisa mencoba jumpthrow. Salah satu jumpthrow yang sangat terkenal adalah smoke ke sniper nest dari T-Spawn.

Setelah peraturan ini disetujui, StarLadder Berlin Major dipastikan akan mematuhi peraturan baru tersebut. Turnamen ini akan segera digelar pada tanggal 28 Agustus – 8 September 2019 nanti. StarLadder Berlin Major juga sekaligus menjadi turnamen yang pertama dari sebuah major yang diselenggarakan oleh event organizer esports asal CIS yang tertua, yaitu StarLadder. Dengan adanya peraturan baru, nantinya pasti akan berdampak besar pada permainan. Siapakah tim besar yang akan memanfaatkan jumpthrow pada permainannya? Kita tunggu saja bagaimana serunya turnamen major dengan peraturan baru ini.

Jumpthrow memang akan sangat memudahkan pro player untuk melemparkan granat dengan cepat sekaligus tepat sasaran. Akan tetapi, perubahan ini tentunya harus disiasati dengan baik oleh para pemain dan juga pelatih. Mungkin saja musuh juga menggunakan teknik ini. Strategi-strategi harus diperbarui oleh masing-masing tim supaya tidak kalah dengan tim lain. Semoga saja perubahan ini bisa menguntungkan banyak tim yang akan bertanding pada StarLadder nanti.

Leave a Reply