Shroud Mantan Atlet CS: GO Jadi Streamer Terkenal

Mantan atlet CS: GO Shroud masih dikenal sebagai penembak jitu meski sudah cukup lama meninggalkan dunia esports. Seperti yang kita tahu, beberapa atlet esports juga menjadi streamer (bahasa sederhananya adalah Youtuber). Profesi atlet esports dengan content creator memang saling bersilangan sehingga banyak gamer profesional yang juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai streamer di Youtube dan Twitch. Salah satunya adalah Shroud.

Penghasilan menjadi streamer yang kadang bisa melebihi penghasilan sebagai atlet membuat banyak gamer profesional yang beralih menjadi streamer. Shroud sendiri merupakan mantan atlet esports yang pada akhirnya memilih untuk pensiun dini. Di usianya yang lebih genap 25 tahun, Shroud seharusnya sedang menikmati masa kejayaannya sebagai atlets esports CS: GO. Akan tetapi, ia memilih pensiun dini dalam dunia game kompetitif dan kini menjadi streamer. Seperti apa perjalanan Shroud dalam dunia esports?

Perjalanan Shroud dalam Dunia Esports CS: GO

Shroud mempunyai nama asli Michael Grzesiek yang lahir pada tanggal 2 Juni 1994 di Kota Mississauga, Kanada. Ayahnya adalah seorang perakit PC sekaligus penggemar game di Platform master race tersebut. Tak tanggung-tanggung, pada saat Shroud berusia 5 tahun, ada 5 PC di rumahnya yang langsung terhubung dengan jaringan LAN. Tak perlu ke warnet, Shroud bisa menghabiskan waktu bermain Game PC hanya di rumahnya.

Game apa yang ada pada era akhir 1990-an? Tentu saja Counter Strike. Inilah awal dari semua karier gemilangnya dalam dunia esports CS: GO. Ayahnya adalah penggemar Counter Strike dan tentu saja Shroud juga menyukai game tersebut.

Lalu, pada tahun 2012, Valve sukses merilis Counter Strike Global Offensive yang sangat fenomenal. Ekosistem esports pun tumbuh subur di sekelilingnya. Shroud pun ikut terjun dalam dunia esports profesional mulai dari bergabung dengan tim-tim kecil seperti Slow Motion, Manajuma, Exertus eSports.

Kariernya baru benar-benar melejit pada tahun 2013 saat ia bergabung dengan Cloud9 yang menjadi salah satu organisasi esports terbesar di Amerika Serikat. Kontribusinya dalam dunia CS: GO tidak bisa dipandang sebelah mata. Tim Shroud mulai tampil memukau di kejuaraan CS: GO kelas dunia. Pada tahun 2016, tim Shroud berhasil menjuarai turnamen bergengsi ESL Pro League Season 4.

Meredupnya Karier Shroud di Dunia Esport CS: GO dan Beralih menjadi Streamer

Memasuki akhir 2017, karier esports CS: GO Shroud sudah mulai meredup. Permainannya dianggap kurang memuaskan sehingga ia tergeser menjadi pemain support. Hingga pada April 2018 lalu, Shroud akhirnya resmi mengundurkan diri dari Cloud9 dan menyatakan diri untuk tidak lagi aktif dalam dunia CS: GO kompetitif.

Melihat lagi ke belakang, sebenarnya Shroud atau pria bernama Asli Michael Grzesiek ini memang pernah bercita-cita menjadi streamer. Sejak 2011, Shroud sudah memulai kariernya di dunia Streaming menggunakan platform Twitch. Akan tetapi, ia belum menekuni nua stream tersebut.

Setelah mengundurkan diri dari dunia CS: GO kompetitif, Shroud kembali menekuni mimpinya yang sempat tertunda. Berbekal pengalamannya selama 6 tahun belakangan di dunia CS: GO dan namanya yang sudah dikenal komunitas gamer, channel stream miliknya pun cukup melejit. Kini channel miliknya sudah mencapai 5,7 juta follower.

Meski tak lagi bergelut di dunia esports, keahliannya sebagai penembak jitu masih dikenal oleh para komunitas gamers. Bahkan, beberapa streamer besar seperti DrDisrespect dan juga Ninja sudah mengakui Shroud sebagai penembak jitu paling top di dunia.

Leave a Reply