Tanggapan Valve atas Isu Eksklusivitas di CS: GO

estnncom

Masih segar dalam ingatan kita bahwa ESL telah mengumumkan liga CS: GO eksklusif. Mengapa disebut eksklusif? Alasannya adalah liga yang diselenggarakan selama satu tahun penuh ini telah secara halus melarang tim esports yang bergabung untuk mengikuti kompetisi Counter Strike: Global Offensive lain. Atas hal ini, Valve selaku pengembang game pun memberikan pernyataan dan menegur ESL.

Pernyataan dan tanggapan tersebut mereka publikasikan melalui postingan blog mereka. Langsung ke inti, postingan tersebut berjudul “Keeping Things Competitive”. Dalam postingan tersebut, Valve tidak hanya menanggapi perihal ESL Pro Tour. Dilansir dari esports.id, mereka juga membuka suara perihal isu-isu yang saat ini berkembang di komunitas Counter Strike: Global Offensive, termasuk konflik kepentingan hingga ke hak penyiaran turnamen. Bagaimana ringkasan postingan Valve tersebut?

dotesports
dotesports

Berkaitan dengan eksklusivitas, Valve tentu membahas tentang partisipan sebuah turnamen yang dilarang untuk mengikuti kompetisi yang diadakan oleh operator lain. Jika kondisi eksklusif ini dibiarkan, turnamen tersebut tentu bisa merusak ekosistem CS: GO. Selain menutup jalan untuk kompetisi lainnya, eksklusivitas ini jelas akan berdampak buruk bagi ekosistem esports itu sendiri. Terlebih jika turnamen yang diselenggarakan tersebut ternyata gagal, dampak kerugiannya bisa makin parah lagi. Dalam hal ini, Valve juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan izin untuk turnamen-turnamen yang sifatnya eksklusif.

Pernyataan Valve tersebut jelas memberikan angin segar bagi komunitas dan juga pelaku esports. Tidak sedikit atlet dan organisasi esports yang keberatan dengan turnamen eksklusif tersebut. Setelah Valva angkat bicara, setidaknya turnamen-turnamen yang sifatnya bisa merusak ekosistem Counter Strike: Global Offensive bisa dicegah atau bahkan dibatalkan.

youtube
youtube

Lalu, berlanjut ke masalah konflik kepentingan, Valve sendiri mengatakan bahwa masalah ini bukan hal yang baru. Beberapa tahun yang lalu, Valve juga sudah pernah berdiskusi dengan pihak penyelenggara turnamen, tim, juga para pemain tentang betapa pentingnya menghindari konflik kepentingan, terutama dalam pertandingan major. Keberadaan sang operator turnamen yang satu kepemilikan dengan tim atau player tentu menjadi perhatian utama.

Oleh karena itu, Valve juga meminta pada setiap tim, pemain, dan operator turnamen untuk tak memiliki kepentingan apa pun saat berpartisipasi dalam turnamen major. Jika memang ada, mereka yang punya konflik kepentingan diminta untuk segera mengungkap sekaligus menyelesaikannya.

Lalu, perihal hak siar, Valve pun menyinggung hak siar media yang sampai saat ini dipegang oleh sang operator turnamen. Mereka biasanya memberikan hak sponsor kepada media partner atau sponsor. Untuk mendukung turnamen, hal tersebut tentu sah-sah saja dilakukan. Dalam hal ini, Valve pun sangat maklum. Akan tetapi, untuk kebaikan bersama, Valve juga meminta para operator penyelenggara turnamen untuk lebih terbuka perihal hak siar. Dengan begitu, para komunitas Counter Strike: Global Offensive bisa menyaksikan setiap kompetisi melalui channel yang mudah diakses.

youtube
youtube

Tanggapan Valve yang diungkapkan secara panjang lebar ini menjadi bentuk kepedulian Valve terhadap komunitas Counter Strike: Global Offensive. Melalui pernyataan ini, tidak perlu lagi ada hal yang dibimbangkan berkaitan dengan turnamen yang eksklusif. Tak hanya itu, perihal hak siar dan konflik kepentingan pun ke depannya bisa diperbaiki lagi.

Lalu, bagaimana pendapat Anda tentang isu eksklusivitas dan juga konflik kepentingan ini? Apakah pernyataan dari Valve ini cukup membantu Anda?

Demikian adalah kabar terbaru ranah Counter Strike: Global Offensive. Mau informasi terbaru lainnya? Terus ikuti update-nya di sini, ya!

Leave a Reply