Tim CS: GO Baru Tiongkok, FunPlus Phoenix, Resmi Dibentuk

Dexerto

Beberapa waktu belakangan, ranah kompetitif CS: GO sepertinya semakin ramah dengan hadirnya banyak tim CS: GO baru. Pada kuartal terakhir tahun 2019 kemarin, Evil Geniuses, OG, dan Gen.G Esports masing-masing membentuk satu tim CS: GO andalan mereka. Kali ini, giliran tim asal Tiongkok, FunPlus Phoenix yang melebarkan sayapnya di dunia CS: GO.

Beberapa waktu lalu, FunPlus Phoenix atau yang sering disingkat dengan FPX baru saja mengumumkan roster CS: GO milik mereka. Roster tersebut terbentuk usai pihak organisasi berhasil mengakuisisi roster kelas kedua, yakni Heroic. Tim ini resmi dibentuk pada 12 Maret 2020 kemarin. Bagaimana prospek tim ini ke depannya?

Kemarin, melalui akun twitter resmi milik FunPlus Phoenix, pihak manajemen memberikan pernyataan mengapa mereka akhirnya terjun ke ranah kompetitif CSL GO. Sebelumnya, mereka menjelaskan sejarah singkat organisasi asal Tiongkok tersebut. Meski namanya tak begitu sering didengar di Indonesia, FPX telah dibentuk pada tahun 2017 lalu.

vladopard

Di dunia esports profesional, nama FunPlus Phoenix mulai terkenal setelah mendapatkan tempat di turnamen League of Legends Tiongkok. Pada turnamen LoL Pro League tahun 2019 lalu, tim ini berhasil memperoleh gelar juara dunia untuk cabang esports tersebut. Usai prestasi tersebut, nama FPX pun mulai terdengar di seluruh penjuru Tiongkok hingga ke kancah dunia.

Sukses di cabang esports LoL, organisasi ini pun ingin melebarkan sayap mereka ke ranah game kelas FPS. Mereka pun akhirnya membentuk tim CS: GO baru. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, FPX berhasil mengakuisisi roster Heroic.

Nah, berdasarkan tweet yang diunggah oleh jurnalis asal Prancis, neLendirekt, akuisisi tim Heroic tersebut berhasil dilakukan pada 12 Maret 2020 kemarin. Menurut penulis situs berita esports kenamaan Prancis, 1PV, proses akuisisi tersebut menghabiskan dana yang cukup besar, lho. Dana yang dibutuhkan untuk membawa roster CS: GO Heroic ke FPX adalah 1,6 juta dolar Amerika. Jika dirupiahkan, nilai tersebut setara dengan kurang lebih Rp24 miliar.

liquipedia

Usai diresmikan sebagai tim CS: GO baru FPX, berikut susunan roster terbaru tersebut.

  1. Patrick “es2tag” Hansen
  2. Martin “stavn” Lund
  3. Johannes “b0RUP” Borup
  4. Marco “Snappi” Pfeiffer (kapten tim)
  5. Casper “cadiaN” Moller
  6. Frederik “LOMME” Nielsen (sebagai pelatih)

Roster tersebut semuanya berasal dari Denmark. Jadi, FPX yang berasal dari Tiongkok berhasil mengakuisisi tim asal Denmark, dan kini akan beroperasi di wilayah Eropa. Turnamen perdana yang akan menjadi ajang debut tim ini adalah FLASHPOINT Season 1.

Usai menggelontorkan nominal yang banyak untuk mengakuisisi roster CS: GO Heroic, tim CS: GO baru asal Tiongkok tersebut dikabarkan belum membayar biaya masuk untuk turnamen FLASHPOINT sebesar $2 juta dolar Amerika. Kabarnya, mereka akan membayar uang tersebut menjelang season berikutnya apabila FPX kembali menjadi peserta pada liga tersebut.

esportstalk

Meski begitu, B Site selaku penyelenggara turnamen FLASHPOINT Season 1 sudah mengumumkan bahwa FPX termasuk salah satu peserta turnamen tersebut. Kita akan segera melihat performa mantan pemain Heroic tersebut bermain untuk tim CS: GO baru, yakni FunPlus Phoenix.

Berbicara tentang performa, sinergi antara para mantan pemain Heroic ini bisa dibilang cukup bagus. Ada lima pemain yang baru saja bergabung dengan roster ini pada Oktober 2019. Namun, mereka sudah berhasil menunjukkan kemampuan mereka. Heroic sudah bisa menembus ranking dunia CS: GO pada posisi Top 15. Heroic sendiri sudah mengoleksi satu trofi turnamen, yakni DreamHack Open Atlanta pada November 2019.

Bermain dengan FPX, tim ini dipastikan akan memberikan kejutan besar di dunia CS: GO. Di FLASHPOINT Season 1 nanti, FPX akan berhadapan dengan tim-tim besar lainnya, seperti Cloud 9, MIBR, Dignitas, dan juga Gen.G Esports. Gen.G Esports sebenarnya juga termasuk tim CS: GO baru. Akan tetapi, performa mereka sudah lumayan terlihat.

Demikian adalah informasi terbaru seputar tim CS: GO baru dari FunPlus Phoenix. Apakah Sobat Gamers antusias menantikan performa dari tim asal tiongkok tersebut? Ikuti terus berita esports terbaru hanya di sini, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply