Trio Indonesia Bersaing di Kualifikasi Terbuka ESL One Rio

dotesports

Babak kualifikasi Asia Minor Championship untuk menuju ke ESL One Rio 2020 telah dibuka. Saatnya tim-tim CS: GO yang berada di regional Asia untuk mengikuti babak kualifikasi menuju panggung CS: GO akbar tersebut. Meski panggung CS: GO di Indonesia tergolong sepi peminat, tiga pemain CS: GO asal Indonesia sedang bersaing ketat untuk sampai ke babak utama ESL One Rio. Siapa saja pemain yang dimaksud?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, panggung kompetitif untuk game-game versi PC di Indonesia memang tak sesubur esports versi mobile, seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends. Akan tetapi, pemain-pemain profesional CS: GO asal Indonesia masih terlihat aktif bermain, entah itu bersama dengan tim di negara sendiri atau tim dari negara lain. Di babak kualifikasi tertutup tersebut, kita pun bisa melihat tiga pemain berkebangsaan Indonesia yang tengah berjuang menembus babak kualifikasi.

esports id

DIlansir dari esports.id dan liquipedia, kualifikasi terbuka Asia Minor Championship telah berlangsung pada 1 – 2 Februari 2020 kemarin. Di sini, ada 4 tim yang berhasil lolos untuk bersaing kembali ke region Asia Tenggara. Dari empat tim tersebut, nama Indonesia terwakilkan oleh kehadiran dua pemain yang lolos dari tim yang berlainan.

Satu pemain asal Indonesia bernama Grant “Klipp” Hadiputra. Pemain tersebut sebelumnya pernah membela Team NXL dan juga EVOS. Kali ini, Klipp berhasil lolos dari babak kualifikasi terbuka pertama bersama dengan timnya, yakni Blank.

esports id

Sebagai informasi tambahan, Blank sendiri diisi oleh para pemain CS: GO ternama di Asia Tenggara, seperti Javne “DubsteP” Paguirigan dan Ashraf “acAp” Firdaus. DupsteP dulunya merupakan pemain besutan ArkAngel dan RRQ, sedangkan acAp merupakan mantan pemain dari Frostfire dan juga Aerowolf.

Pada babak kualifikasi terbuka pertama, Blank sukses mengalahkan DivisionX Gaming. Mereka menang dengan skor tipis 2-1.

Selanjutnya, pemain asal Indonesia lainnya Aaron “Mindfreak” Leonhart yang saat ini bermain bersama dengan Paper Rex. Sebelum bermain dengan Paper Rex, Mindfreak sempat membela BOOM Esports. Ia resmi meninggalkan BOOM Esports usai turnamen GeForce Cup Pacific.

Sama seperti Klipp, ini adalah kali pertamanya mengikuti kualifikasi tertutup ESL One Rio 2020, yakni melalui Asia Minor Championship. Bersama dengan Paper Rex, Mindfreak bersama dengan pemain-pemain andalan lainnya berhasil mengalahkan Astro Esports dengan skor 2-0.

hltv

Nah, di babak kualifikasi ESL One Rio untuk regional Asia Tenggara, Blank dan Paper Rex pun akan dihadapkan dengan tim BTRG yang mana tim tersebut diperkuat oleh Kevin “xccurate” Susanto. Pada babak kualifikasi lanjutan nanti, tiga pemain asal Indonesia akan saling berebut posisi untuk lolos ke ESL One Rio. Di antara Klipp, Mindfreak, dan juga Xccurate, tim mana yang paling berpeluang untuk lolos ke babak selanjutnya?

Tak hanya ketiga tim tersebut, nantinya mereka juga akan bertemu dengan 5 tim lainnya, yakni Bren Esports, Beyond Esports, Lucid Dream, Huat Zai, dan Team Maple. Pertandingan kualifikasi ESL One Rio 2020 regional Asia Tenggara akan diadakan pada 7 – 8 Februari 2020 dengan format double elimination bracket. Dari 8 tim yang bersaing, hanya satu yang akan lolos ke babak Asia Minor Championship.

Di Asia Minor Championship, nantinya tim-tim terbaik asal Oceania, Timur Tengah, Asia Timur, dan Tiongkok akan bertemu. Dari Asia Minor Championship ini, hanya ada 1 tim yang berhak lolos ke ESL One Rio 2020. Persaingan yang sangat ketat bukan? Demikian informasi kali ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply