Twitch S1mple Kena Ban 7 Hari dan Picu Pro Kontra

s1mple

Twitch S1mple baru saja kena ban oleh pihak Twitch. Jika Anda mencoba mengakses akun twitch milik pemain bernama asli Oleksandr Kostyliev ini, Anda tidak menemukannya. Hal ini pun langsung menimbulkan pro dan kontra oleh komunitas Counter Strike: Global Offensive.

Dilansir dari revivaltv.id, beberapa bulan terakhir, Twitch memang mendapat sorotan yang sangat tajam. Sebagai kanal penyiaran yang cukup banyak dipakai di berbagai negara, Twitch dianggap mempunyai peraturan yang berat sebelah. Platform penyiaran ini sering sekali menjatuhkan ban yang mengundang pertanyaan. Lalu, yang baru saja terjadi, Twitch justru mempromosikan kanal Twitch Ninja yang di dalamnya terdapat konten berbau dewasa. Hal ini sontak menjadi sorotan tajam oleh masyarakat.

s1mple
s1mple

Di sisi lain, akun twitch milik S1mple justru kena banned. Terhitung sejak 13 Agustus 2019 lalu, Twitch telah menjatuhkan ban untuk pemain Counter Strike: Global Offensive asal Natus Vincere ini. Lebih dari itu, Twitch tidak menjelaskan secara detail alasan mengapa akun Twitch milik S1mple di-ban.

Hal tersebut langsung menjadi pertanyaan oleh komunitas Counter Strike: Global Offensive. Seorang jurnalis esports bernama Rod “Slasher” Breslau pun berusaha mengungkap alasan mengapa akun Twitch S1mple bisa sampai di Banned.

Setelah melakukan serangkaian investigasi, Rod “Slasher” menemukan bahwa alasan mengapa akun Twitch S1mple diblokir adalah karena pemain asal Natus Vincere tersebut mengucapkan kata-kata yang berbau homophobia saat sedang streaming pada 29 Juli 2019 lalu. Hal ini telah ia sampaikan melalui akun twitter resmi miliknya.

s1mple
s1mple

Lebih lanjut, pada video yang ia lampirkan pada postingan twitter tersebut, terlihat bahwa  S1mple sedang bermain dengan salah satu rekan setimnya, yakni Boombl4. Pada video berdurasi 14 detik tersebut, S1mple mengucapkan kata berbau homophobia sebagai kata-kata trashtalk untuk Boombl4. Kata-kata berbau homophobia tersebut adalah bahasa Ukraina yang diucapkan dengan nada bergurau.

Sampai sekarang, Twitch masih tidak mau berkomentar atas hukuman ban yang mereka berikan kepada S1mple. Di sisi lain, S1mple sendiri seperti tidak begitu mempermasalahkan hukuman ban yang ia terima.

Pro kontra justru terjadi di kalangan komunitas Counter Strike: Global Offensive. Beberapa pihak mengaku setuju dengan hukuman ban ini karena yang diucapkan oleh S1mple memang tidak sepantasnya diucapkan. Meski dalam konteks bercanda sekalipun, S1mple telah melanggar apa yang sudah ditetapkan Twitch dalam Therms of Service atau ToS.

s1mple
s1mple

Lalu, ada juga pihak yang tidak setuju dengan hukuman ban ini. Pihak yang tidak setuju ini berpendapat bahwa hukuman ban ini sangat ganji. Mengapa? Karena kejadian perkataan berbau homophobia tersebut sudah terjadi beberapa minggu lalu. Sementara Twitch juga tak memberikan alasan apa pun atas ban yang ia jatuhkan pada s1mple tersebut.

Kasus ini sekaligus menambah image Twitch yang berat sebelah. Twitch dianggap memberikan perlakukan khusus untuk beberapa streamer tertentu. Ada juga beberapa streamer yang jelas-jelas sudah melanggar ToS, tetapi masih dibiarkan saja oleh pihak Twitch.

Perlakuan yang berat sebelah ini pun membuat penggemar menyarankan s1mple untuk pindah platform streamer lainnya. Meski s1mple tak terlalu memedulikan perihal hukuman ban dari Twitch, penggemarnya sepertinya tak tinggal diam.

Hukuman ban memang tak mempengaruhi apa pun bagi S1mple. Akan tetapi, karena kejadian ini, image Twitch sebagai platform streamer terbesar pun kembali menjadi sorotan. Lalu, bagaimana menurut Anda? Apakah hukuman ban yang diterima oleh s1mple ini memang setara dengan apa yang dilakukannya? Share pendapat Anda ya!

Leave a Reply