Update 1 Juni, Natus Vincere Puncaki Ranking CS: GO Dunia

HLTV kembali merilis ranking CS: GO dunia pada 1 Juni 2020. Kali ini, Natus Vincere kembali menduduki urutan pertama. Roster campuran Ukraina-Rusia ini berhasil menggeser Astralis pada ranking CS: GO dunia versi HLTV. Apa yang menyebabkan tim tersebut bisa kembali menduduki posisi teratas?

Dilansir dari HLTV dan Liquipedia, memasuki awal bulan April-Mei kemarin, pertandingan CS: GO besar di berbagai belahan dunia sudah mulai digelar secara online. Hal ini harus dilakukan akibat merebaknya virus Corona yang sudah menjadi pandemi. Permainan online pun mau tidak mau mengharuskan pemain dan juga penggemar untuk kembali beradaptasi dengan sistem baru.

ESL Pro League pada bulan April lalu sudah digelar secara online. Turnamen besar lainnya yang juga digelar secara online pada April lalu adalah Flashpoint Season 1. Sejak saat itu, semua turnamen digelar secara online. Mari simak perjalanan Natus Vincere dan tim-tim lain dalam menjalani turnamen secara online.

Turnamen yang Menjadi Faktor Terbesar Perubahan Ranking CS: GO Dunia

Update 1 Juni, Natus Vincere Puncaki Ranking CS: GO Dunia
NAVI

Selama bulan Mei kemarin, turnamen ESL One Road to Rio menjadi faktor terbesar perubahan ranking CS: GO dunia. Astralis berhasil memenangkan turnamen di regional Eropa, Team Spirit di regional CIS, Gen.G Esports di regional Amerika Utara, dan BOOM Esports di Amerika Selatan. Natus Vincere sendiri hanya menempati posisi ke-7 dan ke-8.

Usai pertandingan ESL Road to Rio, Natus Vincere tetap kokoh berada di posisi kedua rank CSGO versi HLTV.

Kemudian, turnamen lainnya yang kembali menjadi penilaian adalah DreamHack 2020 Spring. Turnamen ini sudah mulai digelar sejak 19 Mei 2020 kemarin dan akan berakhir pada 14 Juni 2020 mendatang. Pertandingan digelar secara online di beberapa regional, yakni Eropa, Amerika Utara, Asia, dan juga Oceania.

Saat ini, regional Eropa dan Amerika Utara sudah berhasil menyelesaikan babak penyisihan grup. Natus Vincere bertanding di regional Eropa bersama dengan 15 tim lainnya. Ada 4 grup dalam DreamHack 2020 Spring Eropa.

Natus Vincere yang berada di grup D berhasil menduduki posisi pertama di klasemen akhir. Mereka pun lolos langsung ke upper bracket ronde pertama. Dua kemenangan berturut-turut yang berhasil diraihkan tentu memberikan tambahan poin pada rangking HLTV CS: GO.

Di sisi lain, Astralis yang sebelumnya menempati posisi teratas dalam ranking CS: GO dunia justru bermain kurang bagus selama DreamHack Master 2020. Berada di grup A bersama dengan G2 Esports, Heroic, dan North, Astralis hanya mampu berada di posisi kedua. Posisi pertama ditempati oleh G2 Esports.

Bermain bagus selama DreamHack 2020 Spring, Natus Vincere naik satu peringkat ke posisi pertama. Di sisi lain, G2 Esports yang menjuarai grup A juga naik satu peringkat. Kini, G2 Esports berada di peringkat ke-4.

Sistem Penilaian HLTV dalam Menentukan Ranking CS: GO Dunia

Update 1 Juni, Natus Vincere Puncaki Ranking CS: GO Dunia
youtube

Sistem pemeringkatan yang berlaku di HLTV didasarkan pada pencapaian masing-masing tim selama satu tahun terakhir. Dalam hal ini, ada peningkatan atau penurunan poin yang diperbarui setiap satu bulan. Kemudian, ranking disusun per dua minggu.

Masing-masing tim juga dituntut untuk memiliki three-man core untuk mempertahankan poin mereka. Pada sistem sebelumnya, hasil turnamen online memang mempunyai efek minimal terhadap poin akhir masing-masing tim. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19, turnamen online mempunyai efek yang cukup besar karena termasuk dalam kategori Achievements dan Recent Events.

Pada 1 Juni kemarin, HLTV kembali merilis Top 30 tim CS: GO terbaik dunia didasarkan pada sistem penilaian tersebut. Natus Vincere berhasil meraih posisi pertama disusul oleh Astralis di posisi ketiga dan Fnatic di posisi ke-4. Beberapa tim lain juga mengalami peningkatan ranking.

Pada ranking CS: GO dunia versi HLTV tersebut, kita juga bisa melihat sendiri bagaimana perkembangan tim Gen.G Esports. Tim yang dibela oleh Hansel “BnTeT” Ferdinand asal Indonesia kini berada di urutan ke-14.

Demikian adalah daftar terbaru untuk ranking CS: GO dunia versi HLTV. Natus Vincere berhasil menyabet predikat sebagai tim terbaik dunia menggeser Astralis. Kira-kira, berapa lama predikat tersebut mampu dipertahankan oleh Natus Vincere?

Leave a Reply