Valve Habiskan Dana Rp639 Miliar Kreasi Skin CSGO

Ada temuan menarik pada Valve Counter Strike Global Offensive. Kabarnya, game buatan Valve ini menghabiskan dana hingga $ 45 juta USD atau sekitar Rp 639 miliar untuk membuat skin. Dalam dunia esports, kebebasan melakukan modifikasi karakter menjadi hal yang sangat wajib. Para pemain bisa mengekspresikan diri melalui skin-skin yang disediakan oleh pengembang game. Ini tentu menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Tak hanya bagi developer, tetapi juga para pembuat skin.

Kabar mengenai Valve yang telah menghabiskan dana hingga Rp 639 miliar mulai beredar akibat postingan dari pengguna bernama reddit. Menurut postingannya, disebutkan bahwa Valve telah membayar lebih dari $ 45 juta USD kepada para pembuat skin di Steam workshop.

Dari data yang sudah disampaikan tersebut, setidaknya ada lebih dari 180.000 kreasi skin yang dikirimkan ke workshop. Akan tetapi, tak sampai 1% dari semua karya skin diterima oleh Valve. Sekarang ini, user bernama Cordium tercatat menjadi orang yang karyanya diterima paling banyak oleh Valve, yaitu sejumlah 18 skin. Sayangnya, Cordium ini sudah tak lagi membuat skin dan tak pernah mengirimkan karya terbarunya sejak 2016 lalu.

Fakta menarik lain adalah bahwa ada sekitar 39 persen karya skin yang diterima oleh Valve adalah hari Rabu dan Kamis. Sementara hari terburuknya adalah Senin dan Selasa karena persentase diterimanya kurang dari 20 persen. Jadi, jika Anda ingin mengumpulkan skin buatan Anda, cobalah mengumpulkannya pada “hari-hari baik” Valve, yaitu hari Rabu dan Kamis. Persentase skin Anda supaya diterima bisa jadi lebih banyak.

Sejak pertama dirilis, Counter Strike Global Offensive memang menawarkan konsep yang kreatif untuk senjata. Mereka membuat konsep skin untuk senjata, baik senapan maupun pistol. Akan tetapi, sejak tahun 2016, tak hanya senjata yang berbentuk skin, gloves juga mendapatkan tambahan fitur skin. Skin sarung tangan ini dengan sangat cepat menjadi salah satu item kosmetik yang paling laris manis di Counter Strike Global Offensive.

Skin senjata yang dijual di Steam CS: GO memang mempunyai harga yang cukup mahal. Bahkan, ada harga skin senjata yang mencapai nominal lebih dari Rp 20 juta. Sangat fantastis bukan? Beberapa skin senjata dengan nilai kurang lebih Rp 20 juta adalah sebagai berikut.

Pertama, AWP Medusa Factory yang nilainya setara dengan sekitar Rp 21 juta. Skin AWP ini menjadi skin favorit oleh sebagian besar pemain CS: GO. Desainnya sederhana tetapi elegan. Kemampuannya juga tak bisa diragukan lagi. Sayangnya, harganya yang mencapai Rp 21 juta membuatnya tak bisa dimiliki secara mudah.

Skin senjata kedua yang juga sangat mahal adalah AWP Dragon Lore Factory New yang dijual dengan harga Rp 26 juta. Bisa dibilang, ini adalah rajanya skin senjata. Senjata ini mempunyai warna emas dengan corak kekuningan. Senjata ini juga dihiasi dengan gambar seekor naga yang menghembuskan api. Desain yang garang dan bagus ini sangat pantas dijual dengan harga yang tinggi.

Melihat beberapa contoh skin senjata yang mempunyai harga sangat mahal ini membuat bisnis skin sepertinya sangat menjanjikan. Tak hanya Valve yang menjalankan bisnis skin. Game-game besar seperti Fortnite pun berhasil mengumpulkan banyak uang melalui penjualan skin. Dalam hal ini, uang jutaan dolar yang telah dikeluarkan oleh Valve untuk membiayai skin Counter Strike Global Offensive cukup menjanjikan. Pendapatan yang diterimanya tentu lebih banyak dari itu.

 

Leave a Reply