WESG 2019 Sudah Dibuka, Ini Detailnya!

World Elektronic Sports Games (WESG) 2019 sudah resmi dibuka. WESG merupakan sebuah kejuaraan esports tingkat dunia yang diselenggarakan oleh AliSports. Turnamen ini pertama kali diadakan pada 2016 lalu dengan beberapa cabang esports yang dilombakan, yaitu CS: GO, Dota 2, dan Starcraft 2.

WESG secara resmi sudah membuka pendaftaran untuk kualifikasi Asia Tenggara menuju turnamen besarnya yang bertajuk WESG 2019. Kualifikasi regional Asia Tenggara ini kemudian dibagi lagi menjadi kualifikasi per negara atau nasional. Ada 10 negara yang akan berpartisipasi dalam WES 2019. Mereka adalah Brunei, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam. Wakil tim Counter Strike Global Offensive masing-masing negara akan maju ke babak kualifikasi regional.

Pada kejuaraan tahun ini, periode registrasi bisa dibilang sangat mepet. Pendaftaran akan segera ditutup pada akhir bulan ini, yaitu tanggal 31 Juli 2019. Peraturan ini berlaku untuk semua cabang turnamen, yaitu CS: GO (baik pria maupun wanita), dota 2, dan juga StarCraft II.

Berbicara mengenai kejuaraan international WESG, salah satu tim Counter Strike Global Offensive Indonesia sempat masuk ke babak World Finals. Tim yang dimaksud adalah Recca Esports pada tahun 2017 lalu. Ia berhasil memantapkan posisinya melalui kualifikasi nasional, kemudian kualifikasi Asia Tenggara, hingga sampai ke babak World Finals WESG 2017.

Sayangnya, pada tahun tersebut, Recca Esports belum menunjukkan permainan yang bagus. Pada babak Group Stage 1, ia berhasil mengamankan posisinya karena menempati posisi kedua. Sayangnya, di Group Stage II, Recca Esports terpaksa menghentikan langkahnya karena satu tim dengan tim-tim mematikan. Dengan kekalahan ini, Recca Esports hanya mampu berada di posisi 13 dalam peringkat akhir WESG 2017.

Adakah tim yang akan mengikuti jejak Recca Esports untuk sampai ke babak World Finals? Sebagai penggemar, kita tentu mengharapkan yang terbaik. Kali ini, babak kualifikasi regional Asia Tenggara menuju WESG 2019 sudah dibuka. Seperti yang telah disebutkan di atas, durasi pendaftaran terbilang sangat pendek. Tim-tim Counter Strike Global Offensive harus segera bersiap menghadapi kualifikasi nasional.

Meski pendaftaran sudah dibuka, detail yang berkaitan dengan babak final untuk kualifikasi regional Asia Tenggara masih belum diumumkan secara resmi. Bahkan, pihak panitia juga belum menentukan jumlah tim yang berhak maju ke babak final Asia Tenggara.

Satu hal yang sudah pasti kita ketahui bersama adalah berkaitan dengan total hadiah. Untuk keseluruhan turnamen dengan 4 cabang permainan ini, total hadiah berada di angka US$ 105.000 atau setara dengan Rp 1.4 Miliar rupiah.

Tak hanya itu, ada juga perubahan peraturan berkaitan dengan ketentuan nasionalitas dari para pemain. Pada turnamen sebelumnya, pihak panitia mewajibkan setiap tim mempunyai 5 pemain nasional. Namun, pada turnamen kali ini, hanya diwajibkan 3 pemain saja.

Misalnya begini, tim Counter Strike Global Offensive mempunyai susunan pemain nasional dan juga pemain asing. Sesuai dengan peraturan, tim Indonesia harus menyusun roster CS: GO dengan 3 pemain nasional dan 2 pemain asing.

Karena kualifikasi regional Asia Pasifik sudah dibuka dan akan berakhir pada 31 Juli 2019 mendatang, kualifikasi CS: GO Indonesia pun akan segera dilangsungkan. Jika Anda ingin berkontribusi pada babak kualifikasi nasional ini, silahkan persiapkan diri Anda.

Pada WESG 2019 ini, besar sekali harapan penggemar untuk tim asal Indonesia agar bisa masuk WESG 2019 World Finals. Dengan begitu, ini bisa menjadi inspirasi untuk menyuburkan kembali scene kompetitif CS: GO di tanah air.

 

Leave a Reply