Faktor Pendorong Popularitas Custom Maps Mod CSGO

Vertigo CSGO

Dari dulu sampai sekarang jika berbicara hal yang fun di game Counter Strike, masih banyak orang mengatakan kompetisi, custom maps dan juga pilihan mod yang ditawarkan. Game lawas seperti CS memang sering mendapatkan tambahan konten dari komunitas karena adanya akses ke engine dan juga coding game.

Saat ini custom maps memang tidak lagi sepopuler dulu, banyak orang hanya mengambil custom maps untuk dimainkan dalam Counter Strike offline. Bermain dengan custom maps ataupun mod tentunya fun. Tapi di era kompetisi serius sekarang ini, para player lebih memilih grind di ranked match untuk membuktikan skill yang ia miliki.

Jika kita lihat perbandingan antara CS 1.6 dan CS:GO, kamu bisa lihat perbedaan yang cukup signifikan dari segi permainan. Di room online CS 1.6, kamu akan melihat masing – masing player bebas memilih rute ataupun senjata yang mereka gunakan. Namun di CS:GO, jika ada player yang melakukan hal ini, mereka sering diteriaki ataupun di kick karena tidak serius ingin menang.

Hal seperti ini tentu mempengaruhi fun dalam game dan membuat banyak orang yang ingin fun lari ke game offline. Di mode offline, player bebas menggunakan mod, custom maps atau bahkan script cheat Counter Strike dari console menu. Tentu saja bermain melawan bot tidak semenantang melawan player asli, tapi paling tidak hal ini lebih fun dan bebas.

Nah, faktor bermain offline inilah yang membuat sisi custom maps dan mod tidak pernah mati. Sebetulnya faktor lain tentu masih ada. Jika kamu penasaran soal ini, mari bersama melihat hal – hal lain yang membuat custom maps dan mod masih sering digunakan di game CS ini.

  • Memenuhi Kebutuhan Latihan Bagi Pemain Kompetitif

Download-Counter-Strike-Extreme-Full-Version
youtube

Beberapa mod dan custom maps dibuat khusus untuk mendukung latihan para player. Contoh saja maps dengan target dummy di beberapa stage jarak, tembok dengan indikator akurasi dan targer serta room dengan penuh senjata untuk test weapon.

  • Menyediakan Fitur yang Tidak Disediakan Oleh Valve

download Counter Strike Extreme v8
youtube

Beberapa mod tentu dibuat dengan motivasi “what if” yang bisa diartikan bagaimana kalau sesuatu yang tidak ada dalam game dibuat ada. Hal inilah yang pertama kali membuat mod Counter Strike Extreme menjadi sangat terkenal.

Full game mod yang muncul di era Counter Strike 1.6 ini menawarkan banyak senjata baru, model karakter unik dan bahkan mode zombie yang tidak ada di game saat itu. Sekarang ini mod ini masih sering di download untuk dimainkan secara offline.

  • Sebagai Media Ujicoba Creator

download Counter Strike Extreme v8 3
youtube

Para creator yang membuat mod ataupun custom maps terkadang melakukan hal ini sebagai latihan project pribadinya sendiri. Para moder dan creator biasanya merupakan developer yang ingin suatu saat membuat karya game-nya sendiri. Jadi tidak jarang map custom dan mod yang baik berubah menjadi game sendiri ciptaan si creatornya.

Bagaimana menurutmu soal faktor – faktor di atas? Mudah – mudahan bahasan di atas, membantu Anda mengerti soal perkembangan custom maps dan mod. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply