Alasan Mengapa CS Source Tak Banyak Custom Maps

download Counter Strike Source

Jika berbicara tentang game Counter Strike yang cukup terkenal sebelum adanya CSGO, Anda tentu mengenal game Counter Strike Source. Game yang satu ini memiliki grafik yang jauh di atas Counter Strike versi 1.6 dan juga Condition Zero. Di era ini, game CS mulai menjadi kompetitif dan bisa dibilang mulai memunculkan sisi esports serius bersama DoTA saat itu.

Walaupun menawarkan grafik yang baik, banyak orang saat itu masih lebih banyak terlihat bermain CS 1.6 terutama di Indonesia. Anda tentu ingat situasi warnet – warnet di era 2004 sampai 2010. CS Source tetap ada tapi para player Indonesia entah kenapa masih memilih menggunakan CS 1.6 untuk bermain LAN dan Online.

download Counter Strike Source 3
gamebanana

Dari sini, Anda tentu sudah tahu apa yang membuat CS 1.6 lebih banyak dimainkan. Hal pertama adalah bobot game yang ringan dan tentunya lebih familiar di tangan para player Indonesia. Di sisi lain Counter Strike 1.6 ini mendapatkan dukungan dari para creator custom maps yang masih aktif. Custom maps yang selalu muncul baru dari hari ke hari ini tentu membuat permainan game lawas ini masih fresh.

Nah, mengapa CS Source ataupun Counter Strike Condition Zero tidak mendapatkan cinta yang sama dari para kreator custom maps ini? Alasannya tentu mudah, yaitu pada restriksi engine dan juga ukuran komunitas yang ada saat itu.

download Counter Strike Source 1
gamebanana

Dari segi restriksi engine, Valve sebetulnya memberikan kebebasan bagi para kreator, tapi para kreator perlu menggunakan PC yang lebih baik untuk memastikan detail model dan aset di maps CS Source tetap detail. Hal ini tentu memberi tepakan pada kreator yang terbiasa menggunakan PC standar untuk membuat maps CS 1.6.

Tampilan grafis yang lebih baik memang adalah masalah utama bagi para kreator mod ataupun custom maps. Jika kualitas gambar tidak sesuai dengan game, tentu para player tidak mau menggunakan maps tersebut, tapi jika dipaksa membuat asset maps yang lebih kompleks, kreator lah yang kesusahan.

download Counter Strike Source 2
gamebanana

Selain karena masalah engine yang lebih berat, para player base-pun sepertinya masih lebih menyukai bermain CS 1.6. Hal ini kembali lagi karena game Counter Strike versi ini merupakan versi yang paling ringan dan cocok dimainkan di mana saja. Pada era 2007 sampai 2010, era laptop telah menjadi boom di sekolah – sekolah Indonesia dan game ringan yang paling populer dimiliki para player saat itu adalah DoTA dan CS 1.6.

Laptop dengan spek yang terbatas tentu lebih populer karena budget-nya tidak terlalu berat. Alhasil game yang lebih ringan ini lebih banyak diambil dari pada versi CS Source. Karena popularitas ini, masih banyak orang download Counter Strike custom maps untuk versi 1.6.

Bagaimana menurut Anda soal penjelasan ini? Mudah – mudahan hal ini menjawab rasa penasaran Anda mengapa custom maps CS Source tidak sebanyak CS 1.6. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply