Counter Strike Extreme Tak Ada di CS Versi Lain?

CS 16

Jika kamu sering bermain Counter Strike Extreme, kamu tahu bahwa mod ini menggunakan Counter Strike versi 1.6 sebagai core-nya. Walaupun mendapatkan upgrade dari perbaikan script dan juga peningkatan resolusi, tampilan game ini tentu terasa sudah ketinggalan zaman.

Mod ini cukup populer dan diterima baik oleh komunitas player CS. Tapi kamu mungkin bertanya – tanya, “Mengapa hal yang populer ini tidak diteruskan dan di upgrade menggunakan engine baru?” Hal ini memang sedikit membingungkan, tapi sebenarnya ada beberapa teori yang bisa menjawab pertanyaan ini.

Fans tentu ingin melihat CS Extreme tapi dengan engine baru seperti pada Counter-Strike: Source, tapi hal ini sepertinya tidak memungkinkan. Agar lebih jelas, mari melihat beberapa hal yang mungkin saja menjadi pengaruh hal ini:

Masalah Bug dan Kestabilan Game

download Counter Strike Extreme v8 3
youtube

Seperti yang kamu tahu CS Extreme terkenal mudah crash serta penuh dengan bug. Versi Counter Strike Extreme v7 adalah yang paling terkenal karena kestabilannya. Jika dibandingkan dengan v8 ataupun v9 yang terbaru, banyak orang tidak memainkannya karena sering mendapat masalah.

Game yang sering crash ataupun hang, tentu berbahaya bagi komputer kamu. Bayangkan jika hal ini dilakukan dengan engine yang lebih berat seperti CS Source. Masalah seperti ini tentu akan lebih sering muncul dan bahkan membuat game tidak bisa dimainkan.

Sulitnya Membuat Modifikasi di Engine Baru

download Counter Strike Extreme v8 1
youtube

Mod di versi CS Source lebih sedikit dibandingkan versi CS 1.6, Hal ini terjadi karena para creator tidak memiliki waktu dan resource yang cukup untuk memodifikasi pada engine baru. Tampilan yang lebih baik membuat game lebih berat dan tentunya mod yang dibuat untuk game tersebut jadi lebih berat pula.

Bandingkan saja maps yang sama antara Dust 2 di CS 1.6 dan CS Source. Ukuran file data keduanya pasti berbeda dan lebih berat yang versi CS Source. Nah, bagi modder dan creator, hal ini tentu merupakan beban tambahan.

Membuat mod di engine yang lebih berat tentu membutuhkan komputer dengan spek yang lebih tinggi dari sebelumnya. Jika para modder harus ganti komputer hanya untuk dapat mereka file game, tentu hal ini tidak worth it.

Bagaimana menurut kamu soal teori – teori di atas? Apakah hal ini menjawab pertanyaan kamu? Tentu hal di atas ini hanya teori belaka, tidak ada yang tahu mengapa para creator dan modder tidak membuat game seperti Counter Strike Extreme lagi menggunakan engine yang baru. Tapi mudah  mudahan saja, ada pihak – pihak di komunitas yang berani mengambil langkah dan melakukan project ini.

Terima kasih sudah membaca, mudah – mudahan informasi di atas dapat berguna buat Anda.

Leave a Reply