Komunitas Custom Maps di Counter Strike 1.6

csgo vs cs 1.6

Jika berbicara tentang komunitas mod yang tua tapi aktif, komunitas custom maps Counter Strike 1.6 tentu tidak kalah dengan komunitas Skyrim. Maps di engine Counter Strike versi lama tentu mudah direkayasa dan bisa dimainkan tanpa banyak masalah.

Anda sendiri yang tertarik untuk membuat maps custom sebetulnya bisa mudah belajar. Beberapa program game engine dan modelling yang tersedia sekarang bisa dibilang lebih mudah digunakan. Untuk tutorial juga ada akses mudah di YouTube.

Di antara Anda tentu bingung mengapa komunitas mod untuk game tua ini masih subur padahal game seperti CS Source dan CS Global Offensive sudah keluar sebagai versi baru. Untuk menjawab hal ini mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

Faktor yang Mempengaruhi Komunitas Custom Maps Counter Strike 1.6 Tetap Subur

csgo vs cs 1.6 1
CS
  • Game yang Mudah Dimodifikasi

Kelebihan versi CS 1.6 dibandingkan dengan banyak versi Counter Strike yang lain adalah engine-nya yang tergolong sederhana. Game yang ringan ini mudah direkayasa sehingga sangat disukai para modder.

Bandingkan saja dengan CS Source yang memiliki detail model map yang lebih detail. Bentuk mapnya tertentu mudah diatur, tapi untuk original asset akan menjadi lebih sulit dibuat.

  • Hadirnya Portal Mod yang Besar

Pertumbuhan dunia internet menghasilkan tempat – tempat khusus untuk komunitas modder custom maps untuk berkumpul. Tempat yang paling sering jadi tempat kumpul (portal) ini adalah Steam Workshop dan website Nexus.

  • Game Masih Sering dimainkan

Walau tergolong game tua, banyak orang masih memainkan game ini. Anda mungkin bisa cek beberapa warnet di Indonesia yang masih memiliki game ini. Tidak hanya di warnet, beberapa orang juga memilih bermain Counter Strike offline ini daripada online seperti CSGO karena tidak suka dengan komunitasnya terlalu kompetitif.

Tips – Tips Memilih Maps Custom Untuk Counter Strike 1.6

csgo vs cs 1.6 2
CS

Nah, sekarang setelah tahu mengapa komunitas custom maps ini subur, Anda tentu tertarik memainkan maps rekaan ini. Untuk memilih maps yang tepat, selalu pastikan hal – hal berikut ini:

  • Kunjungi Tempat Komunitas Mod

Mengunjungi Steam Workshop dan Nexus adalah cara paling mudah mendapatkan banyak pilihan maps. Selain itu jika ambil file maps di website lain, Anda belum tentu mendapatkan review dan informasi note dari author langsung.

  • Pastikan Selalu Cek Note dari Pembuat Mod

Beberapa custom maps biasanya diberi note sendiri. Note ini bisa berisi warning crash jika dimainkan dengan bot, ataupun membutuhkan mod tertentu untuk dimainkan. Jika Anda asal download, maps custom ini bisa mengakibatkan hang pada komputer Anda.

Bagaimana, apakah Anda tertarik kembali menyalakan game CS jadul ini setelah membaca info di atas? Banyak maps di game CS ini yang bagus dan sangat sayang untuk dimainkan. Game CSGO sayangnya sudah kehilangan fitur custom maps ini karena DRM. Padahal para creator maps di komunitas ini bisa dibilang menawarkan konten yang baik bagi game secara umum.

Jika Anda tertarik segeralah download game Counter Strike dan ambil beberapa custom maps dari komunitas. Di jamin Anda akan mendapatkan pengalaman bermain yang unik dan berbeda walau dalam game jadul ini.

Leave a Reply