Membandingkan Custom Maps di CSGO dan CS 1.6

CSGO VS CS 1.6 6

Di komunitas Counter Strike, adanya mod dan custom maps tentu sudah tidak aneh. Mulai dari era Counter Strike 1.6 sampai saat ini, perkembangan custom maps tidak bisa dipisahkan dari game ini. Walau tidak terlalu populer akhir – akhir ini karena konsep CSGO yang lebih kompetitif dan mementingkan progress rank, masih banyak pemain yang meluangkan waktu untuk bersenang – senang di custom maps.

Sayangnya untuk bermain custom maps ini, Anda sebagai pemain harus rela hanya bermain dengan bots. Di CSGO, custom maps memang ada tapi tidak banyak player yang suka bermain dengan maps ini. Mungkin jika Anda memiliki teman ataupun group yang dekat, Anda bisa set room untuk bermain khusus custom maps tersebut.

Dari bahasan di atas, Anda tentu sudah tahu bahwa perbedaan filosofi bermain Counter Strike dulu dan sekarang sudah berbeda. Hal inilah yang sekarang ini mempengaruhi desain custom maps. Mari melihat bersama beberapa perbedaan yang terjadi pada desain custom maps antara CS 1.6 dengan Counter Strike GO sekarang ini.

Tone yang Lebih Serius

CSGO VS CS 1.6 4
youtube

Custom maps yang ada di CSGO sekarang ini lebih berfokus sebagai platform kompetisi dan bukan untuk memberi kesan fun dan berbeda seperti di era CS 1.6. Maps yang modern ini memiliki unsur balance dan tentunya bisa menimbulkan rasa fun dari kompetisi yang serius. Tapi bagi player yang mencari “goofy fun” hal ini tentu tidak terasa.

Saat di CS 1.6 dulu, maps dengan tema seperti labirin, dipenuhi dengan hostage ataupun maps di gedung tingkat 10 masih sering dilihat. Maps – maps custom yang lawas ini tentu lebih ditujukan untuk unsur tidak biasa dan unik dan bukan karena balance untuk kompetisi.

Perlu diingat bahwa custom maps dengan unsur fun di CSGO masih ada tapi tidak terlalu populer. Jadi Anda mungkin masih bisa menemukan map tersebut, tapi biasanya perlu usaha lebih.

Lebih Ditujukan Untuk Memaksimalkan Latihan

CSGO VS CS 1.6 5
youtube

Beberapa maps di CSGO lebih ditujukan untuk latihan mandiri. Maps dengan fitur target tembak atau tembok bersih yang bisa menunjukan spray pattern senjata Anda dengan lebih jelas tentu tidak bisa dimainkan untuk fun. Biasanya maps latihan ini juga memiliki model – model boot untuk melatih headshot dan juga movement.

Maps seperti ini lebih populer di CSGO dibandingkan maps fun. Hal ini tentu sudah menjadi tanda jelas bahwa CSGO memiliki filosofi berbeda dari CS 1.6 untuk custom maps yang tersedia.

Mudah – mudahan informasi dari perbandingan di atas membuat Anda sadar tentang masalah bergesernya fun pada game CS modern. Tentu bermain dengan skill terlihat keren dan tentunya hal ini tidak salah untuk didalami. Mode standar CSGO juga terkadang tetap terasa fun, tapi jika aura serius kompetitif mulai mempengaruhi fun, Anda lebih baik coba beberapa custom maps unik di CS versi lama.

Jika Adalah pemain yang tidak terlalu suka bermain terlalu serius hindari download Counter Strike Global Offensive dan coba versi CS 1.6 ataupun CS Extreme yang merupakan game mod unik yang pantas dicoba!

Leave a Reply