Mengenal Teknik Maps Call-Outs CS:GO

Dalam game Counter Strike Global Offensive, Anda tentu pernah mengalami kebingungan saat melaporkan posisi musuh pada tim. Beberapa posisi di maps memang tidak pernah ada nama-nya, tapi Anda mungkin secara tidak sadar memberi sebutan tersendiri pada maps.

Contoh saja saat Anda bermain di Dust 2, Anda melihat bahwa di sisi Terrorist ada yang menggunakan sniper dan menarget pintu besar di tengah maps. Untuk memberikan laporan singkat tapi informative, Anda bisa mengatakan “Pintu tengah di jaga sniper.”

Kata – kata itu tentu membuat tim Anda langsung tahu apa yang dihadapi. Jika sudah begitu, tim bisa bekerja lebih baik dan waspada untuk tidak asal masuk dari pintu tengah di Dust 2. Laporan seperti ini adalah kunci untuk memenangkan game dengan kerja sama.

Maps Call-Outs CSGO 1

Nah, contoh kejadian di atas disebut maps call-outs CS:GO atau secara awam menyebutkan posisi spesifik maps untuk memberikan arahan ataupun informasi penting. Bagi Anda yang bermain serius, nama – nama posisi di maps ini sudah ada standarnya. Bagi yang bermain kasual, menyebut lorong kereta dekat bom A di maps Train tentu cukup, tapi di kompetitif, nama ini sudah ada sendiri. Istilah area bomb A dengan kereta disebut dibagi tiga menjadi A1 Train, A2 Train dan A3 Train.

Maps call-outs dengan inisial ini tentu lebih detail tanpa perlu menggunakan banyak kata – kata. Misal saat Anda melapor musuh lari ke A1 Train, tim tentu akan langsung jelas mendapat gambaran dari pada lorong ke tiga dari kanan dekat bomb site A. Komunikasi yang pendek dan jelas ini sekarang sudah menjadi standar di esports CS:GO.

Anda yang ingin mendalami Counter Strike: Global Offensive secara serius sebaiknya harus mulai belajar hal ini. Para pemain di ranked tinggi biasa mengharuskan tim mate mengetahui posisi dan nama yang digunakan untuk call-outs. Jika menggunakan bahasa yang berbeda – beda atau tidak standar, informasi tentu akan membingungkan.

Maps Call-Outs CSGO 2

Saat encounter ataupun skirmish dengan tim musuh, Anda tentu akan panic dan tidak bisa mendeskripsikan posisi maps yang panjang. Tapi jika meneriakan maps call-outs dengan nama yang sudah ditentukan, Anda tentu tidak akan salah memberi tahu posisi musuh agar tim bisa membantu.

Belajar teknik call-outs ini tentu perlu usaha dan pembiasaan. Semakin besar maps yang digunakan untuk bermain, semakin banyak spot – spot yang harus dihafalkan namanya. Proses belajar ini tentu terlihat berat bagi Anda yang terbiasa bermain kasual, tapi bagi Anda yang bermain serius hal ini adalah sebuah keharusan.

Maps Call-Outs CSGO 3

Anda tentu tidak mau tim Anda kalah hanya karena salah informasi atau kesalahan memberi detail tempat karena panik bukan? Jika tidak mau hal ini terjadi pada Anda dan tim, pastikan sisihkan waktu setiap hari untuk mendalami nama – nama maps call-outs CS:GO secara serius. Semakin sering Anda menggunakannya dalam bermain Counter Strike online, semakin terbiasa juga Anda mengingat nama spot – spot ini.

Leave a Reply