Masalah Bias Organizer CSGO

LDLC CSGO

Masalah bias dalam tournament organizer tentu merupakan hal yang tidak baik. Tapi tetap saja di beberapa event esports game Counter Strike, hal ini masih sering muncul. Bias di sini tentu bukan berupa kecurangan seperti memberikan fasilitas buruk pada tim tertentu, melainkan memberi pengaturan yang menguntungkan tim tertentu.

Contoh saja pada pertandingan besar WESG lalu. Event ini tentu merupakan ajang esports Counter Strike Global Offensive yang cukup besar. Dalam event ini 27 akan bertanding memperebutkan gelar juara dan juga prize pool sebesar 890 ribu US Dollar.

LDLC CSGO 3
LDLC CSGO

Jika kamu mengikuti beritanya, kamu tentu tahu tim besar seperti Ninjas in Pyjamas, G2 Esports, Fnatic, ENCE Esports dan MIBR bertarung di situ. Sayangnya pihak organizer pengumuman blok para pemain pro dihadapkan dengan susunan yang mengumpulkan tim besar di babak awal.

Dalam blok grup tertentu, kamu akan melihat nama para tim besar dan unggulan banyak dijadikan satu. Hal ini berbeda jauh dengan grup lain yang hanya berisi tim tier tengah. Pemisahan group ini seakan – akan disengaja untuk membuat para tim besar harus bertarung di awal dan menjatuhkan satu sama lain.

LDLC CSGO 1
CSGO

Efek pertempuran besar bagi para tim besar ini tentu tidak berimbang. Para tim tier tengah yang sudah dipisahkan tentu bisa lebih mudah masuk ke babak berikutnya karena tidak harus menghadapi tim unggulan. Susunan ini membuat nama yang hanya dikenal para lokal saja jadi muncul seakan – akan mereka bisa masuk ke tingkat 16 sampai 8 besar.

Walaupun pada akhirnya event tetap bisa dibilang sukses, hal ini tentu meresahkan bagi para tim. Jika para organizer bermain bias. Tentu event esports yang merupakan kompetisi serius, seakan – akan dibuat mainan saja.

Bias ini untungnya tidak begitu banyak terjadi di skala internasional jika diadakan di daerah barat (Eropa dan USA), tapi jika diadakan di tanah Asia, hal ini kadang muncul. Biasanya bias ini lebih sering terjadi saat invitational ataupun tournament skala nasional tapi mengundang tim besar esports sebagai bumbu penarik penonton.

CSGO Shroud 1
CSGO

Bias pada event esports Counter Strike GO sepertinya menyalahi, tapi jika dipandang dari segi aturan mereka terhindar dari hukuman oleh asosiasi Esports Internasional. Sebagai organizer event, mereka tetap menyediakan prize pool dan menaati peraturan pembuatan kompetisi. Selama mereka tidak menyiksa ataupun memberi beban mental berat pada pemain, organizer tersebut bebas menentukan grup sesuai keinginannya.

Terkadang susunan grup dibuat sedemikian rupa agar penonton lebih terhibur. Tapi disisi lain, pengaturan yang tidak baik bisa dimotivasi bias. Mudah – mudahan kedepannya hal seperti ini tidak muncul lagi di event – event besar sekelas WESG.

Leave a Reply