Melihat Lebih Dekat Sisi Esports CSGO dengan Perubahan AUG

aug csgo

Perubahan harga untuk senjata AUG ternyata membuat perubahan signifikan pada match up di dunia pro CSGO. Pada tournament major beberapa waktu lalu, data menunjukan peningkatan penggunaan senjata ini dan win rate beberapa maps jadi lebih didominasi oleh CT.

Hal ini tentu mengagetkan mengingat M4A4 selalu menjadi senjata pilihan CT di tournament – tournament besar. Selama beberapa bulan terakhir, para pro memastikan bahwa mereka mulai memprioritaskan senjata ini dibandingkan dengan senjata rifle lain.

Sekarang di tahun 2019, pertandingan major IEM Katowice 2019 menjadi pagelaran besar dimana meta AUG akan di test. Apakah dalam event ini, tim – tim besar mulai bergeser posisinya? Beberapa tim unggulan seperti Astralis tentu harus mengubah strategi mereka.

aug csgo 1

Bagi kamu yang tidak tahu Astralis adalah tim yang mendominasi panggung esports DoTA 2 di tahun 2018 lalu. Dominasi mereka tentu berada saat meta CSGO masih berupa standar AK dan M4A4 saja. Tapi di meta AUG ini apakah mereka bisa menghasilkan performa yang sama?

Perubahan meta AUG ini bisa dibilang mengagetkan. Pencipta Counter Strike, Valve hanya mengubah harga AUG dan tiba – tiba senjata ini menjadi lebih populer. Memang dari segi stats, senjata ini memang lebih mudah digunakan dan reliable, tapi hal ini membawa konotasi noob bagi player yang menggunakannya.

Kepopuleran AUG yang tiba – tiba mungkin juga karena para player hanya mengikuti trend saja. Saat mereka melihat para pro menggunakan M4A4, para pemain lain hanya mengikuti hal itu tanpa bertanya banyak hal lain atau mencoba senjata lainnya.

Sekarang saat kehebatan AUG menjadi populer, banyak player pro ingin senjata ini kembali seperti semula harganya. Harga yang sekarang terasa sangat murah dan membuat CT lebih mendominasi. Sayangnya di sisi komunitas player, mereka ingin mengubah senjata ini dari segi stat.

Jika diandaikan komunitas online CSGO sekarang seperti komplain tentang sesuatu yang sudah lama ada tapi tidak pernah mereka coba. Player base memang kebanyakan hanya pengikut meta tanpa bisa menimbang game secara lebih objektif. Hal ini dibuktikan dengan perdebatan yang makin seru menjelang event besar di IEM Katowice 2019 mendatang.

Leave a Reply