Mengatasi FPS Dips pada Maps CSGO

UMP 45 game online Counter Strike

Apakah kamu pernah mengalami FPS dips di beberapa maps tertentu saat main CSGO? Jika pernah, lakukan hal – hal berikut untuk menghilangkan masalah ini!

Menurunkan Resolusi Grafis

SG553 CSGO
CSGO

Masalah lag dan FPS dips di maps tertentu terkadang muncul karena maps tersebut memiliki jumlah asset detail yang banyak. Hal ini bisa dikurangi dengan mengatur berbagai pengaturan grafis dalam game. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi resolusi.

Semakin kecil resolusi yang kamu gunakan, pixel counter dalam game tentu makin kecil, jika sudah begitu, proses membaca grafis dalam komputer akan menjadi lebih ringan. Hal ini tentu hanya perlu dilakukan jika kamu merasa maps yang kamu gunakan tidak mendukung playstyle kamu.

Biasanya ukuran standar resolusi yang baik adalah 1280 x 720, jika di bawah ini kamu akan mengalami kesulitan melihat lebih jauh target musuh. Resolusi ini tentu juga perlu disesuaikan dengan kemampuan komputer kamu.

Kurangi Penggunaan Ekstra Efek

SG553 CSGO
CSGO

Optimasi grafis yang berikutnya adalah pengurangan ekstra efek. Beberapa maps memiliki animasi tertentu yang akan mempengaruhi performa FPS. Hal ini bisa berupa animasi aliran air, api, asap dari gedung, hujan dan juga kabut. Hal seperti ini tentu bisa dihilangkan dengan menggunakan menu option dan script.

Pengurangan efek juga bisa mempengaruhi hal seperti ledakan granat, animasi tembakan, smoke dan flashbang. Jika komputer kamu tidak begitu kuat, efek dari sini juga bisa dikurangi untuk menghindari FPS drop.

Menurunkan Detail Grafis

Maps Hostage csgo
CSGO

Jika kamu pernah download Counter Strike 1.6, kamu tentu sudah tahu bahwa game lawas ini tidak banyak mengalami gangguan performa walaupun di komputer yang lemah. Hal ini karena grafik detail tidak begitu kuat dan mempengaruhi proses komputasi komputer.

Perubahan grafik di Counter Strike Source adalah awal dari masalah dips FPS pada game CS ini. Detail dan grafik yang lebih baik tentu meminta proses yang lebih berat. Untungnya di CSGO, hal ini bisa dikurangi dengan menurunkan kualitas polygon, detail asset, model dan juga overall grafik menjadi low. Jika setting sudah disesuaikan, kamu tentu akan merasakan perbedaan performa yang signifikan.

Pastikan Tidak Banyak Background Program yang Aktif

machine gun csgo
youtube

Tips terakhir dan yang paling mudah dilakukan adalah mematikan background program yang tidak terpakai. Aktivitas program yang banyak tentu akan mempengaruhi pengalaman game kamu. Jadi, semisal kamu suka main game dengan musuh ataupun multitask dengan download dari browser, lebih baik tidak digunakan dulu sebelum bermain Counter-Strike ini.

Tips mematikan program ini tentu tidak berlaku bagi kamu yang memiliki komputer spek tinggi. Tapi jika kamu melihat ada dips di performa game, analisa lagi apa pengaruhnya. Biasanya hal seperti memory leak ataupun suhu juga bisa berpengaruh dalam hal lag di game ini.

Sekian tips dan trik yang bisa kamu gunakan. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply