Mengenang Esports Counter Strike 1.6 Indonesia

CS 16

Jika melihat trend esports era modern, kamu tentu tahu bahwa nama CS:GO sekarang mendominasi esports FPS tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Game seperti PUBG, Fortnite dan Overwatch juga ada esportsnya, tapi game yang satu ini masih tergolong besar dan memiliki sejarah yang cukup panjang.

Walaupun begitu hal ini tentu tidak akan terjadi tanpa adanya era esports dengan CS 1.6. Game ini tentu sudah jadul, tapi tahukah kamu bahwa game ini masih cukup banyak dimainkan? Jika kamu melihat warnet – warnet ataupun game center terdekat kamu, terkadang masih ada saja komputer dengan program Counter Strike 1.6.

CS 16
youtube

Game ini sebelum memiliki sisi esports yang besar secara internasional sebetulnya sudah subur di Indonesia. Bersama dengan game DoTA, CS 1.6 adalah pilihan yang paling utama untuk kompetisi. Saat era tahun 2000an, game ini menyeba cepat sebagai pilihan untuk group – group gamer bermain bersama. Warnet – warnet tentu sering penuh hanya diisi anak – anak dari sekolah yang sama berkompetisi dengan jaringan LAN. Tentu kaum muda umuran kuliah juga ada, tapi popularitas hangout di warnet lebih booming di umuran sekolah terutama SMA.

Di Indonesia saat itu, tidak jarang ada yang minta copy ataupun download Counter Strike 1.6 dari warnet menggunakan flashdisk. Hal ini digunakan banyak player untuk bermain sendiri di PC rumahan.

CS 16
youtube

Karena player base-nya mulai naik, tentu tidak jarang ada warnet yang mengadakan tournament – tournament kecil. Hadiah yang ditawarkan dalam tournament itu bisa berupa uang, tapi tidak jarang juga perlengkapan komputer seperti keyboard, layar ataupun perangkat PC. Untuk warnet kecil, hadiah terkadang bisa berupa voucher diskon ataupun gratis bermain di wanet tersebut selama jangka waktu tertentu.

Di era 2004 – 2007, game CS Source sudah mulai menyebar di Indonesia, tapi popularitas Counter Strike 1.6 masih tinggi. Di warnet – warnet sekarang para player lebih menyebar dengan adanya server online untuk Indonesia di CS 1.6. Server ini tentu sudah ada lama sebelum munculnya CS Source, tapi infrastruktur internet baru mulai menyebar dimana – mana saat itu. Jadi permainan game online sudah bisa terasa di game center yang sebelumnya hanya offline.

CS 16
youtube

Perkembangan ini tentu membuat era esports CS di Indonesia makin berkembang, sayangnya game yang lebih banyak digunakan untuk tournament adalah Counter Strike Source dan bukan CS 1.6. Di panggung besar tingkat kota ataupun daerah, game ini jarang digunakan untuk bertanding karena ada game yang lebih baru dari Valve.

Walaupun esports dari game Counter Strike versi jadul ini tidak lagi populer, dari sisi pemain dan tournament warnet, game ini masih hot. Penurunan hanya mulai terjadi di era 2010 dimana banyak anak muda gamer mulai memiliki laptop sendiri. Group LAN yang awalnya berkumpul di warnet, akhirnya lebih memilih kumpul di lokasi – lokasi sendiri untuk bermain dari laptop masing – masing.

CS 16
youtube

Nah, sampai sekarang ini, posisi CS 1.6 sudah tergeser dengan CS:GO dan banyak game modern online lain.

Leave a Reply