Penonton Toxic Diacungi Jari Tengah Gratisfaction

CSGO Gratisfaction 1

Jika kamu mengikuti esports Counter Strike, kamu tentu sudah tahu siapa itu Gratisfaction. Playerpro ini merupakan anggota tim Reneggade. Nama lengkap player ini adalah Sean “Gratisfaction” Kaiwai dan sering mendapat pujian karena permainannya.

Pemain ini kemarin menunjukan sikap yang mengagetkan para fans. Pada saat StarSeries i-League yang sampai saat ini masih berjalan. Kejadian itu tentu memunculkan perdebatan pada komunitas. Mengapa pemain pro mengacungkan jari tengah ke arah penonton? Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah Gratisfaction pemain yang toxic?

CSGO Gratisfaction
youtube

Untuk lebih jelasnya mari sama – sama recap situasi saat itu. Sebelum kejadian yang mengagetkan itu terjadi, tim Renegades sedang melawan tim Ninjas in Pyjamas. Posisi saat itu dimenangkan oleh pihak Renegade dengan skor 13-11.

Situasipun makin memanas saat kedua tim bertempur di scenario 1vs1. Player yang tersisa saat itu adalah Gratisfaction dari Renegade melawan Patrik “f0rest” Lindberg dari Ninjas in Pyjamas. Dalam pertempuran mampu Gratisfaction menangkap f0rest yang maju ke posisinya tapi gagal mengeksekusi untuk membunuh. Kill dari Gratisfaction membawa Renegades mencapai kemenangan.

Setelah kemenangan ini dirayakan dengan berjabat tangan antara player tersebut, Gratisfaction terlihat melotot ke arah seseorang di tempat penonton dan mengangkat tangannya sambil mengacungkan jari tengah ke arah mereka.

Hal ini adalah kejadian yang tidak mungkin terjadi tanpa alasan. Dari penyelidikan oleh seorang Reddit user bernama TehAndrew, ia sepertinya mendengar suara orang berteriak tentang lokasi sembunyi Gratisfaction. Teriakan ini dapat didengar 2 kali, yaitu saat Gratisfaction mulai bersembunyi dan juga saat para player bergerak untuk skirmish.

CSGO Gratisfaction
youtube

Dari informasi ini, komunitas Counter Strike: Global Offensive saat itu tentu mengecek rekaman livestream dan mendengar hal yang sama walau sedikit samar. Hal ini juga makin valid saat manager team Aleksandar “Kassad” Trifunović menyatakan hal yang sama. Pada saat Gratisfaction bermain, clip juga menunjukan Kassad menunjuk ke arah penonton dan menghubungi petugas event official.

Dari clip video live steam itu juga, dapat dilihat Kassad tampak kesal pada penonton yang sama bersamaan dengan saat Gratisfaction menunjukan gestur marah-nya. Bisa dibilang keduanya melihat ke arah yang sama dan merasa frustasi walau mampu merebut kemenangan.

Kejadian fans Counter Strike GO menjadi toxic seperti ini tentu sudah tidak umum. Dulu kejadian fans melempar barang karena kecewa dengan permainan pemain pro ataupun hanya sekedar mengamuk karena tim andalannya tidak menang. Sekarang penonton terlihat lebih pintar.

CSGO Gratisfaction
youtube

Kejadian toxic ini tentu harus diberi hukuman jika berulang berkali – kali. Hal seperti membawa orang tersebut keluar stadium ataupun dengan memberi denda juga bisa diberlakukan. Membocorkan informasi saat para pro bermain tentu perbuatan yang tidak terpuji dan harus dihindari.

Untungnya walau dengan gangguan fans yang toxic, Renegade mampu menyapu NiP dengan skor 2-0. Mudah – mudahan kedepannya pertempuran dapat berjalan lebih baik tanpa ada kejadian seperti ini lagi.

Leave a Reply