Perkembangan Esports CSGO di Indonesia Masih Cukup Rendah

csgo 1

Di Indonesia, terutama tahun 2018 – 2019, merupakan masa perkembangan esports yang paling cepat. Banyak tournament diadakan hampir tiap bulan dan tentunya banyak yang berukuran besar. Hal seperti ESL DoTA 2 dan juga HSL Mobile Legends adalah contoh kecil-nya. Walaupun begitu perkembangan ini sayangnya tidak melibatkan game FPS populer Counter Strike Global Offensive.

Esports Game CSGO ini memang ukurannya tidak sebesar LoL ataupun DoTA 2 di Internasional. Tapi jika Mobile Legends bisa tumbuh cepat esportsnya di Indonesia, mengapa game ini berbeda? Jika dilihat dari popularitas brand, Counter Strike sudah sering dimainkan para gamer Indonesia sejak CS 1.6. Jika kamu bertanya pada gamer Indonesia sekarang ini, apakah mereka tahu tentang game ini, kebanyakan tentu tahu.

Nah, untuk teori mengapa perkembangan esports game ini lebih lambat di Indonesia sebetulnya bisa dijawab dengan beberapa hal, yaitu:

Game Berbayar

csgo

Hal pertama yang membuat Counter Strike Global Offensive sulit berkembang di Indonesia adalah masalah akses. Jika dibandingkan dengan DoTA 2 yang free, tentu banyak player memilih game ini. Untungnya tahun 2018 sudah mengaplikasikan kebijakan free untuk player yang ingin mendaftar.

Kalah Bersaing dengan Game Battle Royal

pubg mobile

Dari segi game FPS kompetitif, deathmatch sudah tidak sepopuler dulu. Sekarang konsep FPS yang populer lebih menggunakan konsep battle roya. Untuk buktinya, esports PUBG Mobile di Indonesia bisa dibilang lebih banyak memiliki event tournament dibandingkan CSGO.

Tergolong Game Lama dan Player Base Suka Sesuatu yang Baru

Hal lain yang membuat game ini tidak terlalu banyak diambil oleh player Indonesia adalah karena umurnya. Pemain baru tentu akan mencoba game ini sekarang ini saat sudah free, tapi banyak player lain yang lebih memilih game FPS baru seperti Apex Legends untuk dimainkan.

Alasan di atas tentu hanya berdasarkan spekulasi. Data yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan kepopuleran CSGO sayangnya belum banyak tersedia. Walaupun begitu mudah – mudahan informasi ini sedikit memberi perspektif bagi kamu yang penasaran tentang hal ini. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply