Tim Esports LDLC Membubarkan Divisi CS:GO-nya

LDLC CSGO

Beberapa waktu lalu, kabar tidak mengenakan keluar dari tim LDLC tentang kemundurannya dari esports Counter-Strike. Tim ini sebelumnya sangat terkenal sebagai tim yang cukup veteran di dunia esports Perancis.

Pengumuman yang mengagetkan banyak fans ini pertama kali diumumkan melalui Twitter LDLC. Dalam post tersebut, piahk LDLC menjelaskan bahwa mereka memutuskan membubarkan rooster pemain CSGO yang mereka miliki. Setelah beberapa waktu, pemain – pemain LDLC mengumumkan selamat tinggal pada fans pada akun Twitter masing – masing.

Kemunduran para pemain pro ini tentu tidak akan menyebabkan mereka langsung menghilang. Dari beberapa post yang dikeluarkan para mantan pemain LDLC ini, mereka akan masih berusaha untuk berjuang di esports game CS ini. Jika ada tim yang bersedia menerima mereka, para pemain ini akan kembali berkompetisi.

LDLC CSGO 3
LDLC CSGO

Pembubaran LDLC ini tentu merupakan tanda bahwa tim yang terhitung veteran dan selalu menjadi presence bagi dunia kompetitif CS Eropa tetap bisa bubar. LDLC sudah mulai berkompetisi sejak era CS 1.6 sampai sekarang di Counter Strike Global Offensive. Sayangnya masa kejayaan tim ini hanya berlangsung sebentar yaitu pada tahun 2013 sampai 2014.

Kejayaan ini datang karena rooster tim ini bisa dibilang sebagai tim emas. Pada era ini LDLC bisa bertempur imbang dengan Fnatic dan Ninjas in Pyjamas. Selam sejarah berdirinya, semua pemain yang terkenal sekarang di Perancis pasti pernah bermain di bawah tim ini di era tersebut. Contoh saja pemain pro seperti Kenny “kennyS” Schrub, Nathan “NBK-” Schmitt, dan Richard “shox” Papillon.

LDLC CSGO 1
LDLC CSGO

Sayangnya di era 2015 sampai saat ini, posisi LDLC sebagai tim kuat mulai tergeser saat beberapa tim kuat lain muncul di Perancis. Pemain kuat dari area ini yang dulunya hanya memiliki kesempatan masuk ke LDLC mulai masuk ke tim – tim tersebut. Contoh team yang menjadi pesaing awal LDLC ini adalah Titan Esports. Hal ini membuat rooster pemain kuat mulai menyebar dan tim LDLC tidak lagi menjadi tim unggulan di region Eropa.

Pembubaran tim sepertinya tidak terelakan saat mereka tidak dapat masuk kualifikasi Europe Minor. Kegagalan ini dikarenakan keluarnya Kevin “Ex6TenZ” Droolans untuk bergabung ke G2 Esports. Selain itu Mathieu “Maniac” Quiquerez dan Timothée “DEVIL” Démolon juga mundur untuk pensiun. Hal ini mengharuskan LDLC melakukan rombak rooster dan membuat organisasi tidak stabil.

LDLC CSGO

Pada awal tahun ini saja, tim ini sepertinya banyak memanfaatkan pemain free agent dan tidak mampu mengambil kontrak untuk pemain tetap. Sedangkan pada pemain tetap seperti Alex “ALEX” McMeekin dan François “AMANEK” Delaunay juga keluar untuk bermain di tim lain atau menjadi free agent. Pemain tetap yang akhirnya tersisa hanyalah David “devoduvek” Dobrosavljević dan Antoine “to1nou” Pirard sampai saat ini. Nah, dengan pembubaran divisi Counter Strike tim ini, mereka tentu memiliki peluang berjuang di tim lain ataupun menjadi free agent.

Leave a Reply