Cara Menampilkan FPS di Semua Game Steam

cara menampilkan fps, fps steam, game fps, fps

Jika ditanya, semua pemain CS: GO pasti ingin meningkatkan FPS. Namun, alih-alih meningkatkannya, penting untuk melihat dan mengontrolnya karena masalah FPS bisa membuat permainan kalian menjadi tidak stabil. Jadi, mari kita lihat cara menampilkan FPS di semua game steam dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui bersama, dan kita bisa mengambil contoh game tembak-tembakan yang dengan sudut pandang orang pertama ‘first-person shooter’. Pemain akan merasa seolah-olah dia adalah prajurit sungguhan yang sedang memegang senjata di tangannya, yang mana sensasinya bisa menciptakan keseruan sendiri bagi setiap pemain.

Meskipun begitu, secara komputasi, sistem FPS cukup berat untuk dijalankan karena membutuhkan grafis yang detail. Untuk itu, dibutuhkan PC yang memadai untuk bisa memainkan game ini dengan nyata,

FPS kependekan dari frame per second. dalam hal ini berkaitan dengan berapa banyak bingkai grafis yang dimunculkan di komputer pada setiap detiknya. Angka FPS yang tinggi mampu menghasilkan gambar yang mulus dan lancar. Sebaliknya, angka yang rendah menunjukkan kualitas yang buruk dan susah untuk dimainkan.

Di sisi lain, FPS yang tinggi perlu didukung dengan perangkat yang memadai. Jika tidak, masalah lain akan timbul, contohnya seperti lag. Lantas, bagaimana cara menampilkan FPS di semua game Steam saat bermain game di laptop?

Melalui Pengaturan Steam

cara menampilkan fps, fps steam, game fps, fps
Setting FPS di Steam

Kalian bisa menampilkan FPS di setiap game yang kalian mainkan melalui pengaturan Steam. Untuk kalian yang memilih cara ini, nantinya tak hanya FPS di 1 game saja yang bisa ditampilkan, melainkan semua game Steam yang kalian mainkan di PC kalian.

Cara pertama ini juga cukup mudah dan praktis untuk kalian ikuti. Berikut cara menampilkan FPS di semua game steam.

  • Buka aplikasi Steam
  • Klik di menu atas Steam, lalu klik Pengaturan
  • Pada halaman yang muncul, pilih tab “In Game” yang ada di sebelah kiri menu.
  • Cari pilihan “In Game FPS Counter Steam”, kemudian atur posisinya di layar, bisa di atas-bawah, kiri-kanan.
  • Untuk menampilkan indikator FPS secara lebih jelas, silakan tandai dengan warna kontras yang tinggi.
  • Klik OK.

Dengan mengaktifkan pengaturan ini, indikator FPS akan muncul di layar game secara otomatis.

Melalui FPS Commands

cara menampilkan fps, fps steam, game fps, fps
Setting FPS Command di Steam

Frame rate dari sebuah game juga bisa ditampilkan menggunakan FPS Commands. Pada hal ini, pemain bisa menggunakan pengaturan dalam game melalui perintah konsol. Ini semacam kode sederhana yang bisa dimasukkan ke layar konsol khusus.

Beberapa commands memiliki hubungan langsung ke FPS. Bagaimana cara mengaktifkan pengaturan ini melalui FPS Commands? Inilah cara menampilkan FPS di semua game Steam berikutnya.

  • Pastikan kalian mengaktifkan konsol di peraturan game.
  • Tekan Tilde atau lambang ~ pada keyboard kalian
  • Masukkan perintah cl_showfps 1
  • Indikator FPS pun akan muncul di layar game

Kemudian, untuk menonaktifkan indikator FPS, kalian bisa mengikuti langkah yang sama. Akan tetapi, pada kode perintah, masukkan cl_showfps 0. FPS pun akan hilang dari layar.

Lalu, berapa banyak FPS yang dibutuhkan untuk memainkan game? Jawabannya sangat bergantung pada spesifikasi komputer kalian. PC gaming biasanya memiliki kartu grafis yang kuat karena, PC gaming mampu menampilkan grafis yang terbaik.

Untuk memainkan game ini dengan lancar, angka minimalnya adalah 60 FPS. Gambar yang ditampilkan standar, dan kalian tidak akan mengalami masalah teknis yang serius.

Lalu, berapa FPS di game yang kalian mainkan saat ini? Coba cek dengan salah satu cara menampilkan FPS di semua game Steam yang sudah kami jelaskan disini, dan pastikan angkanya 60 FPS atau lebih tinggi.

Demikian berita terbaru seputar FPS, semoga artikel singkat ini bisa berguna bagi kalian pecinta game FPS Steam. Kalian juga bisa melihat berbagai tips & trik lainnya disini karena, kami juga menyajikan banyak berita seperti item, skin s/d turnamen esports, sampai jumpa.

Leave a Reply