Valve Kurang Dukung Custom Maps di CSGO

Aim Botz CSGO

Jika kamu pernah download Counter Strike online dan bermain game ini, tentu kamu sadar bahwa player base game ini terkesan terlalu serius. Pada beberapa diskusi di forum ataupun komunitas secara umum, banyak player yang jarang sekali mau mencoba costum maps baru dan lebih suka bermain di maps – maps lama.

Tentu pemahaman dalam bermain maps akan meningkat jika kamu bermain di maps yang familiar, tapi di sisi lain, komunitas ini terasa terlalu anti hal baru. Beberapa waktu lalu maps Vertigo mendapat permak yang cukup signifikan dan bisa dibilang baik. Tapi hal ini disambut dengan nada datar oleh komunitas dan bahkan para pro menganggap maps ini seharusnya tidak digunakan sama sekali.

Walaupun mendapat banyak tantangan, segelintir kecil komunitas game ini menyambut perubahan dan hal baru secara terbuka. Komunitas yang ini juga lebih mendukung maps – maps custom yang dikenalkan para creator di workshop. Tentu jika bermain online dengan maps ini, room mereka akan sepi, tapi disisi lain, mereka juga lebih suka bermain dengan bot di maps yang unik.

Sejarah Custom Mod Sudah ada Sejak Lama

Aim Botz CSGO
CSGO

Player yang mencari variasi baru di CSGO ini tentu sudah ada sejak era Counter Strike 1.6, Counter Strike Condition Zero dan Counter Strike Source. Dalam komunitas yang dulu kamu tentu pernah dengar tentang aplikasi mod pada Counter Strike yang populer saat itu.

Mulai dari sekedar custom maps sampai game overhaul seperti yang ada pada Counter Strike Extreme. Mod overhaul dari CS 1.6 ini memberikan puluhan senjata baru, campaign mode dan juga banyak model character untuk dimainkan. Tentu game ini lebih cocok untuk sisi fun CS, tapi sayangnya hal seperti ini tidak lagi populer.

Aim Botz CSGO
CSGO

Budaya yang Lebih Kompetitif di CSGO membuat mod sepertinya mulai dipandang sebagai hal yang disukai casual player. Tentu kata casual bukan hal yang buruk, tapi di mata para player CSGO, hal ini seperti merendahkan.

Valve juga sepertinya lebih menggiring para player ke arah lebih serius dan melupakan sisi fun seperti penggunaan mod di era sebelumnya. Hal seperti ini tentu merugikan dari segi perkembangan game. Tentu Valve bisa mencengangkan para pemain pro dengan fokus sebagai game kompetisi, tapi player baru tentu lebih suka mencari fun daripada kompetisi serius.

Hal yang Bisa Dilakukan

Recoil Master
CSGO

Jika ingin mengundang pemain baru ke game ini, Valve bisa mempromosikan mode khusu seperti pada DoTA 2 di Custom Game. Tempat seperti ini tentu lebih baik karena semua custom game dan maps dari CSGO bisa dimainkan dan dipilih untuk dimainkan. Sekarang ini semua masih bercampur dengan casual match.

Jika dikembangkan, mod dan custom maps, Valve bisa dapatkan beberapa maps custom yang populer seperti yang terjadi pada Auto Chess. Hal ini tentu akan menguntungkan di jangka panjang. Selain mendukung para fans yang suka fun mode, hal seperti ini juga membuka jalan bagi lebih banyak creator untuk unjuk gigi.

 

Leave a Reply